Cara Membahagiakan Kedua Orang tua Kita

Cara Membahagiakan Kedua Orang tua KitaCara Membahagiakan Kedua Orang tua Kita-Kapan terakhir orang tua kita tersenyum sebab sikap yang telah kita perbuat. Kadang apa yang kita berikan kepada orang tua kita sama sekali tidak menunjukan sikap yang berlebihan, namun sebenarnya mereka sangat bangga dengan kita. Tahu tidak, orang tua semakin  hari dengan bertambahnya usia mereka akan kembali memiliki sifak kekanak-kanakan. Yang mana mereka suka dengan pemberian, namun sama sekali tidak berharap pada kita.

Selayaknya sebagai seorang anak, meski kita nantinya telah berumahtangga, janganlah nomorduakan orangtua kita dan menomorsatukan keluarga baru kita. Bagaimanapun juga mereka adalah yang telah melahirkan kita dan mendidik kita sehingga dapat menjadi anak yang seperti sekarang ini. tak ada orang tua yang menginginkan anaknya sengsara, mereka semua ingin anak-anaknya sukses dikemudian hari. Doa mereka sangat mustajab dan kita harapkan selalu.

Jangan sampai ada kata bosan untuk selalu sekedar sapa mereka, tanya kabar mereka dan beritahu kabar kita kepada mereka. Ini sebagai suatu pelipur kangen dan kabar bahagia bagi mereka karena kita tak putus komunikasi dengan mereka. Jika kita telah memiliki rumah sendiri, sering-seringlah ke rumah kita yang sejak kecil telah kita singgahi.

Berikut beberapa yang dapat kita lakukan untuk membahagiakan orangtua kita :

1. Sering ajak orangtua kita berdiskusi

Bagaimanapun juga orangtua memiliki ribuan pengalaman yang membahagiakan dan kepahitan yang mungkin hanya disimpan untuk mereka sendiri hingga kita sampai-sampai tidak tahu apa yang sebenarnya mereka rasakan. Dari sinilah banyak pengalaman berharga dan ilmu yang bisa kita mintai agar kita tidak berjalan tertatih-tatih dalam menjalani semua perjalanan hidup ini.

2. Sering ajak Ngobrol Mereka

Janganlah hal-hal yang berat saja yang kita sampaikan kepada orang tua. Banyak hal yang remeh yang seharusnya kita ceritakan kepada mereka. Tentu mereka akan bicara banyak sekali, ketahuilah itu adalah salah satu hal yang membahagiakan buat mereka. Pendidikan kita bukan segalanya saat kita hadapkan dengan orangtua. Ilmu kita bukan untuk kita pamerekan kepada mereka, namun lebih kepada bagaimana ilmu kita dapat menampung segala apa yang orangtua sampaikan kepada kita sebagai wujud kasihsayang mereka.

3. Sering-seringlah Membawa Oleh-oleh

Carilah oleh-oleh yang spesial. Oleh-oleh yang kiranya jarang mereka jumpai, meski sedikit akan berkesan bagi mereka. Cobalah kita cari itu dengan sungguh-sungguh. Sekarang kan banyak sudah toko-toko yang menyediakan barang yang sangat unik-unik. Tinggal pejet saja semuanya akan terlihat dan bisa kita dapatkan. Kalau bisa, terimakanlah pemberian secara langung kepada orangtua kita. Kita sendiri yang memberikannya, bukan lewat kurir atau orang lain. Buatlah kesan yang terbaik, meski jika seisi dunia ini kita berikan kepada mereka, dalam arti sebenarnya tidaklah cukup untuk membalas segalnya.

4. Bantulah Pekerjaan Mereka

Tak selamanya kita menjadi kanak-kanak. Saat dewasa tenaga kita lebih dan orangtua kita menjadi berkurang. Kreatiflah dan berfikir maju untuk mlakukan hal-hal yang unik untuk dikerjakan agar meringankan beban mereka. Mumpung mereka masih ada dan kita masih bisa berbakti kepada mereka.

Baiklah, peran orangtua menurut islam sangatlah kompleks, mulai dari mendidik kita untuk dunia dan akhirat sampai orang tua setelah menikahkan kita. Meski orang tua kita tanpa prestasi, bahagiakan orang tua kita dengan cara sederhana namun konsisten mumpung mereka masih hidup. Jika kita sering membahagiakan mereka sewaktu mereka masih hidup, membahagiakan orang tua yang sudah meninggal bisa menjadi hal yang sangat mungkin.

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel