Penilaian Produk dan juga Penilaian Proyek

Penilaian Produk dan juga Penilaian Proyek
Penilaian Produk dan juga Penilaian Proyek

Penilaian Proyek

Penilaian proyek adalah kegiatan penilaian atas tugas yang wajib diselesaikan dalam kurun waktu tertentu. Bisa berupa penyelidikan yang dimulai dari perencanaan, pemerolehan data, pengorganisasian, pengolahan hingga dalam penyajian data. Dengan penilaian proyek ini, dapat digunakan sebagai dasar dalam memahami anak dalam pemahaman, pengaplikasian, serta menginformasikan suatu mata pelajaran tertentu dengan jelas.

Ada beberapa hal yang perlu dijadikan bahan pertimbangan dalam penilaian proyek ini, yaitu :

1.    Kemampuan siswa dalam pengelolaan.

Penilaian proyek menekankan dalam memilih topik apa yang akan di bahas, mencari info dengan rinci serta yang terpenting adalah bagaimana anak dalam penilaian proyek ini dapat mengelola waktu dalam mengumpulkan data untuk dijadikan sebuah laporan yang baik.

2.    Relevansi

Dalam melakukan penilaian proyek perlu singkron antara apa yang dibahas dengan apa yang menjadi patokan dalam menilai. Jangan sampai berbeda. Serta yang menjadi pertimbangan adalah tahapan dari pengetahuan seorang anak, pemahamannya serta keerampilan siswa dalam pembelajaran.

 3.    Kevalidan

Proyek yang sedang dilakukan oleh siswa harus benar-benar merupakan karya orisinal ia sendiri. Namun juga melibatkan guru dalam pemberian petunjuk serta motivasi atas proyek yang sedang ia kerjakan.

Instrumen dalam penilaian proyek ini bisa dilakukan mulai dari perencanaan hingga hasil akhir dari proyek. Oleh karena itu, seorang guru perlu memberikan indikator-indikator yang menjadi ketetapan dari tahapan yang perlu untuk dinilai. Seperti bagaimana cara siswa dalam menyusun desainnya, dalam mengumpulkan data, menganalisisnya serta tahap pelaporan proyek. Hasil dari laporan itu sendiri bisa disajikan dalam bentuk poster juga bagus. Kalaupun pelaksanaannya bisa menggunakan alat penilaian ceklis dan bisa juga memakai skala penilaian.

 

Selanjutnya penilaian Produk

Dari penilaian produk kita dapat memberikan nilai kepada anak atas proses dan kualitas atas produk yang telah mereka buat. Adapun untuk produk-produknya sendiri bisa berupa teknologi ataupun karya seni. Dalam pengembangan produk sendiri meliputi beberapa tahapan, sehingga dapat dinilai, yaitu :

1.    Tahap Mempersiapkan

Pada tahap ini, bagaimana seorang anak dapat merencanakan, mendesaian, menganalisis, menggali pengetahuan serta mengembangkannya menjadi sebuah produk yang dapat berhasil guna dipakai oleh oranglain.

2.    Tahap Menilai

Selanjutnya adalah menilai hasil dari produk itu sehingga sesuai kegunaannya dengan berbagai kriteria yang telah ditetapkan. Bisa mulai dari keindahan dan manfaat produk itu sendiri.

Selanjutnya ada tahapan yang menekankan teknik penilaian yang sifatnya menyeluruh atau sangat analisis :

Teknik Analitik : yaitu dengan teknik memperhatikan aspek-aspek dari suatu produk. Biasanya menekankapn pada proses pengembangan dari produk yang dibuat mulai dari perencanaan hingga penilaian.

Teknik Holistik : yakni atas dasar kesan-kesan secara menyeluruh dari sebuah produk yang telah dibuat oleh siswa. Dan ini biasanya dilakukan pada tahap penilaian suatu produk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel