Penilaian dengan Instrumen Pengolahan baik nilai sikap, lalu pengetahuan dan juga keterampilan pada akhir dari hasil belajar siswa

Penilaian dengan Instrumen Pengolahan nilai sikap
Penilaian dengan Instrumen Pengolahan baik nilai sikap, lalu pengetahuan dan juga keterampilan pada akhir dari hasil belajar siswa

Adanya proses pembelajaran adalah sebagai usaha agar dapat tercapainya kompetensi dasar yang dimiliki oleh seorang siswa yang terumuskan pada kurikulum. Selain itu ada juga kegiatan penilaian yang bertujuan untuk mengetahui seberapakah nilai keberhasilan dari kompetensi dasar yang telah dicapai.

Dengan adaya penilaian, maka seorang guru akan tahu seberapa banyak kelemahan dan kelebihan dari semua proses pembelajaran yang di dalamnya ada metode, strategi dan lain sebagainya. Dengan begitu guru akan bisa tahu sikap seperti apa yang akan diambil setelah proses pembelajaran berlalu. Apakah tetap menerapkan caranya atau merevisinya. Itu tentu berdasarkan pada hasil dari proses pembelajaran siswa. Oleh karenanya, kurikulum yang baik dengan dukungan proses pemebelajaran yang ideal, tentu harus juga ditopang dengan penilaian yang sesuai, terencana serta secara terus menerus.

Berbicara tentang K-13, kurikulum ini lebih menekankan kepada pembelajaran yang berbasis aktivitas, oleh karenanya dalam melakukan penilaian ditekankan pada nilai proses. Baik proses pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dengan demikian diperlukan pedoman dalam menilai yang terfokus pada Dalam penilaian, maka KI 3 dan KI 4 lah yang menjadi patokan ukurannya.

1.    Acuannya adalah kriteria; yaitu soal apa yang dapat dilakukan seorang siswa setelah proses pembelajaran telah usai. Bukan masalah apakah dia dalam kelompoknya nomor sekian-sekian.

2.    Sistem penilainnya berkelanjutan. Maksudnya semua indikator yang telah dibuat sebelum proses pembelajaran akan dimintai hasilnya. Yang kemudian dianalisis dalam penentuan kompetensi dasar. Ini akan menjadi acuan apa yang telah menjadi masalah atau kesulitan anak.

3.    Setelah itu, dari hasil analisis tersebut akan melahirkan tindak lanjut. Inilah yang nantinya juga akan menjadi perbaikan dalam proses pembelajaran selanjutnya. Ada yang namanya program remidial karena proses yang telah anak didik peroleh masih di bawah ketuntasan, ada pengayaan, bagi peserta peserta didik yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan.

4.    Pada penilaian harus disesuaikan pada pengalaman belajar mereka. Kalau mereka menggunakan pendekatan observasi maka bisa dilakukan evaluasi berupa wawancara atau apa yang menjadi hasil pengamatan mereka.

Kiranya itu yang bisa saya terangkan terkait penilaian dengan Instrumen Pengolahan baik nilai sikap, lalu pengetahuan dan juga keterampilan pada akhir dari hasil belajar siswa

 

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel