Bagaimana Saya Menulis dengan Cepat

Bagaimana Saya Menulis dengan Cepat
Bagaimana Saya Menulis dengan Cepat-Menulis adalah kompetensi yang paling akhir menurut saya, dari kesekian kompetensi dalam berbahasa yang harus saya kuasai. Ada mendengarkan, berbicara, membaca dan yang paling penting adalah menulis. Coba kita ingat-ingat kembali kapan kita terakhir menulis. Kalau hanya mendengar, setiap hari kita mendengarkan informasi yang begitu banyak dari televisi atau media youtube. Kalau berbicara, manusila adalah makhluk sosial, pasti berinteraksi menggunakan mulut mereka. Membaca, ini yang minatnya lumayan berkurang.

Membaca itu padahal awal mula kita harus menulis. Jika banyak yang kita baca, maka akan banyak ide yang dapat kita tuangkan dalam bentuk tulisan. Artinya, kita bisa menyimpulkan dari apa yang telah kita baca. Memberikan pendapat, kritik atau saran juga bisa. Nah, itu semua kita sampaikan dalam bentuk tulisan.

Tentu teman-teman semua penasaran bagaimana seorang penulis seperti saya dapat menulis. Saya khususkan menulis dengan cepat. Mudah saja ya, yakni saat ide kita muncul maka segeralah tuliskan apa yang menjadi unek-unek kita untuk segera kita tuangkan dalam bentuk tulisan. Baik di laptop, hp atau buku tulis. Dengan ide yang muncul, kita akan semangat untuk segera menuliskannya. Biasa seperti itu. Beda jika suasana hati kita lagi suntuk, jangankan menulis, berbicara atau mendengarkan nasehat orang saja rasanya sudah tidak ingin. Namun jika kita memiliki semangat berbagi dan semangat untuk menebarkan ilmu, maka itu bisa menjadi sangat mudah.

Berikut tips bagaimana agar bisa menulis dengan cepat :

1.    Saat memiliki ide, tuliskanlah segera

Tanpa basa-basi, langsung saja kita tulis kapanpun dan dimanapun. Soalnya, ide itu tidak serta-merta muncul. Kadang saat kita sedang menunggu di ruang periksa rumahsakit, ide muncul. Ada juga yang sedang istirahat saat bekerja dan mengajar, ide bisa saja datang tanpa diduga-duga.

2.    Tutup mata kita

Wah, nggak bisa ngelihat dong. Memang, dengan begini kita tidak akan terganggu dengan pemandangan yang ada di depan kita, itu kalau kita berada di luar ruangan. Saat mata kita tutup pun akan menghindarkan kita dari corat-coret tulisan yang sudah kita tuliskan di buku. Jika terdapat-corat-coret itu akan sangat mengganggu sekali dalam konsentrasi menulis.

3.    Perbanyak membaca

Membaca buku adalah saran utama. Karena dengan membaca buku kita akan menambah wawasan di luar lingkungan kita sendiri. Biasanya kalau hanya mengandalkan fiksi, itu tidak akan menambah wawasan kita. Karena bersifat tidak hanya hayalan atau fiksi saja.

Nah, itu beberapa tips dari saya agar bisa menulis dengan cepat dan padat tentunya. Cepat artinya menulis tanpa basa-basi, padat bermakn.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel