4 Pentingnya Berfikir Secara Kritis

Pentingnya Berfikir Secara Kritis
Pentingnya Berfikir Secara Kritis-Kalau kita pernah dengar apa itu berfikir kritis tentu kita akan mengingat kembali masa sewaktu kuliah. Dimana kita dituntut untuk berpendapat dan bertanya yang tidak hanya apa yang ada di buku atau materi, namun juga diluar materi yang kita ketahui. Oleh karena itu penting sekali banyak membaca buku atau situasi yang menuntut kita untuk lebih jeli lagi dalam berfikir.

Tidak hanya di dunia kerja dan pendidikan. Dalam semua hal, akan menuntut orang dalam berfikir secara  kritis. Yakni berfikir yang tidak hanya melihat sesutu secara subjektif semata. Dalam hal ini kita juga dituntut agar berfikir secara objektif. Tidak hanya benar menurut kita, namun juga dapat benar menurut orang lain. Salah satu bentuk dari berfikir kritis adalah dengan membandingkan dua hal yang hampir sama, lalu kita berusaha memilih mana yang terbaik diantara keduanya.

Ini juga sebaiknya dimiliki seorang siswa, tentu juga bagi seorang guru. Karena dengan berfiikir kritis, salah satu manfaatnya adalah akan berkembangnya ilmu pengetahuan. Berikut adalah berbagai manfaat jika kita berfikir secara kritis.

1.    Lebih terbuka

Coba kita lihat sekeliling kita. Apakah mereka semua memiliki latar belakang yang sama. Tentu tidak. Ada yang dari politik, ekonomi ada yang religius sekali. Dari sanalah pola pikir mereka dibentuk. Mereka mendapatkan informasi yang berbeda, sehingga dalam memandang sesuatu tentu diantaranya dengan mengedepankan darimana asal latarbelakang mereka.

Nah, dari sinilah kita coba untuk berfikir lebih terbuka jika kita dapat berfikir secara kritis, sehingga kita tidak mudah untuk menyalahkan mereka yang berfikirnya berbeda dari kita sendiri. Bukan berarti kita harus kalah karena mengedepankan mereka, namun dengan berfikir lebih terbuka, kita mencoba lebih toleransi dan menghargai pendapat mereka terlebih dahulu sebelum kita berpendapat. Selain itu juga kita tidak mudah menyalahkan pendapat mereka.

2.    Menciptakan Banyak Gagasan

Bisakah demikian. Tentu saja bisa. Balik lagi ke lembaga pendidikan. Guru, tentu akan menghadapi berbagai tantangan dalam mengajar berbagai siswanya, apalagi yang kurang favorit dengan mata pelajaran yang  diampunya. Nah, dari sini maka seorang guru dalam memberikan solusi akan lebih tepat lagi saat menggunakan ilmu pendidikan atau keprofesionalitasannya dalam menemukan solusi, bukan hanya sekedar guru mengharuskan siswa demikian-demikian dan semua itu dipukul rata dengan cara yang sama.

Begitu juga sebagai seorang siswa. Anak juga dituntut agar berfikir juga dengan kritis, karena pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru tidak hanya menekankan kepada kognitif mereka yang diperoleh dari selama proses belajar di kelas mereka saja. Dari berfikir kritis inilah, maka kita akan bisa menemukan solusi dengan efektif dan efisien.

3.    Berkomunikasi dengan Baik

Seorang pemimpin dipilih karena salahsatu alasannya adalah kemampuannya dalam berkomunikasi dengan baik. Mereka yang dapat berkomunikasi dengan baik karena cerdasnya dalam berfikir dengan baik sehingga terwujud dalam bentuk bagaimana mereka dapat berbicara dengan baik. Pemimpin pasti cerdas dalam mengorganisir kelompoknya, memotivasi dan lain sebagainya. Belum lagi jika dalam kelompoknya ada yang berbeda dengan yang lain, bisa jadi ini menjadi tantangan bagi seorang pemimpin dalam menekan segala problem dan mencairkan suasana. Dibutuhkan cara berfikir kritis yang pada akhirnya dapat berkomunikasi dengan baik.

4.    Tidak Mudah Terbohongi

Siapa sih yang mau dibohongi karena kita dirasa tidak pintar. Kenapa bisa tidak pintar. Tentunya karena jarang berfikir dan kurangnya pengalaman. Apalagi sampai dimanfatkan oleh oranglain. Masih beruntung jika hal itu tidak  menimpa kita. Namun jika sudah terkait dengan agama, identitas lembaga, kantor tempat kita bekerja, ini akan sangat mencoreng nama baik secara menyeluruh dari institusi tersebut. Maka dari itu, sebisa mungkin di era sekarang semua lembaga akan merekrut mereka yang mereka berpotensi dan mampu berfikir secara kritis.

Itulah beberapa hal yang membahas tentang pentingnya berfikir secara kritis. Mari kita manfaatkan potonsi kita dengan baik, karena semua menusia memiliki itu semua. Tinggal bagaimana kita memakainya dengan maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel