9 Komponen yang terdapat di dalam proses Pembelajaran

9 Komponen yang terdapat di dalam proses Pembelajaran
9 Komponen yang terdapat di dalam proses Pembelajaran

Pembelajaran itu adalah sebuah sistem dimana setelah sistem tersebut saling berhubungan satu sama lain. Berikut adalah komponen-komponen yang harus ada dalam proses pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.

1.    Guru

Yang paling pokok adalah adanya seorang guru. Seorang guru pun harus memiliki kompetensi yang memadai, bisa dikatakan seseorang yang memang benar-benar profesional di dalam hal mengajar. Dia mampu mengetahui karakteristik masing-masing siswa, karena dengan begitu seorang guru akan dapat mentransfer ilmu dan juga dapat menjadi tauladan, sehingga tidak hanya keilmuan yang disampaikan, akan tetapi juga kepribadian baik yang dapat dicontoh oleh para siswanya

2.    Siswa

Selanjutnya adalah siswa. Tentu guru membutuhkan siswa. Namun tidak selalu demikian, karena bisa jadi seorang siswa lah yang membutuhkan guru. Bagaimana tidak, saat kita mau mencari ilmu pasti membutuhkan guru. Tidak semua ilmu itu bisa dibeli dengan uang, oleh karena itulah antara guru dan siswa atau peserta didik harus saling berhubungan satu sama lain. Siswa pun perlu menyadari pentingnya ilmu yang akan dia dapatkan ketika berinteraksi dengan seorang guru.

3.    Tujuan

Tujuan pun tidak kalah penting, karena biasanya tujuan ini disampaikan di awal-awal sebelum proses pembelajaran dimulai ketika sebuah target itu sudah tercapai. Ini bisa memunculkan kepuasan baik dari pihak guru maupun siswa jika keduanya sama-sama telah merasakan tercapainya tujuan yang sebelumnya telah disampaikan.

4.    Bahan Ajar

Biasanya siswa hanya memiliki satu bahan pelajaran. Berbeda dengan guru yang harusnya memiliki bahan pelajaran yang lebih banyak dibandingkan siswa yang hanya memiliki satu, karena dengan memiliki banyak bahan pelajaran, seorang guru akan memiliki wawasan yang sangat luas yang nantinya akan disampaikan kepada siswa. Nah inilah yang dinamakan dengan bahan pelajaran pelengkap.

5.    Kegiatan Pembelajaran

Selanjutnya adalah kegiatan pembelajaran, yang mana Ini adalah perwujudan dari planning yang sebelumnya telah direncanakan dalam kegiatan pembelajaran. Ini ada banyak proses yang sebelumnya telah direncanakan misalnya : tujuan tersebut harus ada di sana, metode, strategi dan yang terpenting adalah proses interaksi antara guru dan peserta didik. Dari kegiatan pembelajaran inilah seorang guru dapat mengevaluasi seberapa besarkah tujuan yang telah ah tercapai.

6.    Metode

Metode pembelajaran, ini juga sangat penting, karena sebuah tujuan pembelajaran itu membutuhkan prosedur, langkah-langkah yang lebih spesifik sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Metode pun bermacam-macam, bervariasi disesuaikan dengan materi pembelajaran itu sendiri. Jika materi berkaitan dengan hal yang praktis tentu metodenya berbeda ketika materi itu hanya bersifat teoritis.

7.    Media

Media atau alat pembelajaran ini sangat diperlukan, dan ketika seorang siswa itu memang benar-benar belum pernah sama sekali melihat sesuatu yang abstrak atau sesuatu yang memang benar-benar butuh Indra visual. Meskipun demikian fungsi media tidak hanya untuk hal tersebut. Bisa jadi dengan media ini dapat memotivasi seorang siswa untuk melakukan sebuah tindakan, selain itu informasi bisa lebih mengena dan detail, juga dengan media dapat memberikan instruksi lebih jelas.

8.    Sumber Belajar

Kalau kita perhatikan sumber belajar tidak hanya diperoleh dari buku saja, akan tetapi lingkungan pun bisa menjadi sumber belajar, karena lingkungan adalah termasuk dari pendidikan.

9.    Evaluasi

Evaluasi diperlukan setelah proses pembelajaran itu selesai, tanpa evaluasi kita tidak akan tahu sejauh mana pembelajaran itu bisa dikatakan berhasil. Maka interaksi antara guru dan siswa bisa membuktikan seberapa berhasilkah tujuan pembelajaran yang sebelumnya telah direncanakan.

Baiklah, semoga informasi tentang 9 komponen yang ada dalam pembelajaran ini dapat memberikan pandangan dengan rinci dan jelas ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel