Pentingnya Belajar Sebagai Bekal Kesuksesan Di Masa Depan

Pentingnya Belajar Sebagai Bekal Kesuksesan Di Masa Depan

 

Pentingnya Belajar Sebagai Bekal Kesuksesan Di Masa Depan1

Belajar adalah sebuah proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh ilmu pengetahuan sekaligus menguasai hal tertentu melalui latihan atau pengalaman yang dimilikinya. Belajar memang menjadi kegiatan yang sangat baik dilakukan, namun tak jarang kegiatan ini seringkali mengundang stres terutama saat menjelang ujian. 

Jika Anda termasuk salah satu orang yang sering mengalami stres atau kesulitan saat belajar, kemungkinan ada beberapa kesalahan yang dilakukan sehingga Anda sulit berkonsentrasi. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi Anda menerapkan metode belajar baru sehingga proses belajar lebih terarah dan menyenangkan.

Manfaat Belajar Untuk Kehidupan

Belajar memegang peranan penting dalam kehidupan seseorang. Dengan belajar Anda bisa memperoleh pendidikan yang lebih baik sehingga Anda bisa terus maju untuk mencapai segala sesuatu yang diinginkan. selain itu, melalui belajar juga bisa menambah kepercayaan diri serta membantu membangun kepribadian seseorang. 

Tidak hanya itu, belajar juga bisa mengubah Anda menjadi orang yang sukses dan cerdas dalam berpikir. Bahkan Anda tidak  akan mudah menyerah dan terus mencoba hingga bisa memperoleh kesuksesan yang didambakan. Untuk itu, jangan heran jika dikatakan belajar sangat penting untuk kehidupan masa depan yang akan Anda jalani. 

 

Pentingnya Belajar Sebagai Bekal Kesuksesan Di Masa Depan2

 Jadi jika Anda merasa lelah untuk belajar, yakinlah suatu saat ilmu yang Anda pelajari tersebut akan membuahkan hasil kesuksesan untuk diri Anda sendiri. Kesuksesan yang dimaksud disini, bukan hanya kekayaan semata, melainkan juga dalam bidang akademik, hubungan sosial serta lainnya. 

Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Belajar Di Rumah

Tahukah Anda? situasi yang sedang terjadi di seluruh dunia saat ini, membuat hampir semua sekolah harus memberlakukan proses belajar dari rumah. Meski terlihat tidak menyulitkan di awal, namun semakin lama kondisi ini berjalan mulailah muncul berbagai masalah terkait belajar di rumah. Seperti kurangnya peralatan dan fasilitas di rumah untuk belajar, hingga kesulitan untuk berkonsentrasi.

Oleh sebab itu, jika Anda menginginkan sang anak tetap belajar dengan nyaman dan fokus, sebaiknya Anda mempersiapkan ruang dan perabotan khusus untuk belajar. Supaya anak bisa lebih fokus dalam belajar. Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dalam ruang belajar ialah seperti peralatan tulis, komputer/laptop, kursi, meja belajar, dan sebagainya. Dengan begitu sang anak tidak perlu lagi mencari peralatan tulis ataupun lainnya saat memulai proses belajar.

Mengetahui Waktu Yang Tepat Untuk Belajar

Perlu diketahui, manusia mempunyai jam kerja otak sehingga semua yang dilakukannya bisa lebih optimal. Bahkan pada jam-jam tertentu Anda bisa dengan mudah berkonsentrasi dalam belajar. Lantas, jam berapa yang paling tepat digunakan untuk belajar? Mari simak ulasan selengkapnya!

·         Jam 03:00 Sampai Jam 05:00 Pagi

Waktu belajar memang sangat mempengaruhi kinerja otak yang optimal. Sehingga akan lebih baik jika Anda memilih waktu yang tepat untuk belajar. Menurut banyak sumber, waktu yang paling tepat untuk belajar dan menguatkan hafalan ialah pada jam 03:00-05:00 pagi. Sebab waktu subuh sangat tenang dan berbagai aktivitas belum dimulai, sehingga Anda lebih mudah berkonsentrasi saat belajar.

·         Jam 06:00 Sampai Jam 10:00 Pagi

Waktu belajar berikutnya bisa Anda mulai dari jam 06:00-10:00 pagi. Sebab pada jam tersebut pikiran masih segar sehingga Anda bisa lebih bersemangat dalam belajar. Selain itu, pada jam tersebut, otak Anda akan masuk pada tugas memori deklaratif (declarative memory task), sehingga otak akan lebih mudah merekam angka, nama, lokasi serta lainnya. Waktu belajar ini sangat tepat untuk mempelajari sejarah, biologi, geologi hingga fisika.

·         Jam 18:30 Sampai Jam 21:30 Malam

Waktu belajar efektif selanjutnya ialah pada jam 18:30-21:30 malam, sebab jam-jam ini suasana lebih tenang dan tidak banyak distraksi yang akan mempengaruhi konsentrasi Anda saat belajar. Pada jam-jam tersebut juga disebutkan jika kreativitas yang Anda miliki akan lebih mudah diasah. Untuk itu, Anda perlu memanfaatkan suasana kondusif agar lebih mudah konsentrasi saat mengerjakan tugas atau menghafal.  

Selain itu, hindari belajar ingin larut malam karena dapat membuat otak stres sehingga Anda tidak akan efektif belajar. Terlebih jika Anda ngebut belajar dalam semalam, tentu tidak baik untuk esok harinya. Karena selain mengantuk esoknya, Anda juga tidak akan fokus belajar dan pelajaran juga sulit dipahami.

Tips Pikiran Tetap Fokus Dan Tidak Teralihkan Saat Belajar

Supaya pikiran tetap fokus dan tidak teralihkan selama belajar, sebaiknya Anda menerapkan beberapa tips berikut, yaitu:

·         Menganalisis gangguan yang muncul saat belajar

Apabila Anda ingin fokus belajar tanpa gangguan, sebaiknya segara mencari tahu hal-hal yang bisa membuat konsentrasi Anda teralihkan. Seperti mengenali penyebab yang menimbulkan gangguan, misal terlalu lama mengerjakan tugas atau sering melihat smartphone. Pada awalnya mungkin Anda tidak mengakui jika hal tersebut akan menjadi gangguan atau bahkan mengira melihat smartphone adalah prioritas. 

 

Pentingnya Belajar Sebagai Bekal Kesuksesan Di Masa Depan3

Padahal tanpa Anda sadari jenis gangguan ini malah sangat sulit dihentikan. Untuk itu, Anda bisa mengurangi aktivitas yang mengganggu kesadaran saat belajar serta membatasi penggunaan ponsel. Hal ini berguna agar Anda tetap fokus saat belajar dan tidak mudah teralihkan dengan hal-hal sekitar.

·         Belajar di ruangan yang sepi

Pada dasarnya suara-suara bising seperti orang berbicara maupun televisi sangat mempengaruhi konsentrasi saat belajar, terlebih saat Anda membaca. Untuk itu, sebaiknya Anda membaca dalam ruangan yang sepi atau ruang belajar khusus yang memang terhindar dari gangguan. Sehingga dan tetap fokus dan konsentrasi tidak mudah teralihkan.

·         Mendekatkan barang yang dibutuhkan

Mencari barang yang dibutuhkan saat belajar juga dapat mengganggu konsentrasi. Oleh sebab itu, jika Anda ingin belajar sebaiknya segera persiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk pengerjaan tugas. Baik itu berupa alat tulis maupun makanan dan minuman sebaiknya langsung diletakkan ditempat yang mudah Anda jangkau. Sehingga Anda tidak perlu lagi beranjak dari meja hanya untuk mencari barang yang dibutuhkan saat mengerjakan tugas.

Tips Belajar Lebih Rileks Dan Menyenangkan

Jika ingin merasa rileks dan senang saat belajar, pikirkanlah trik-trik yang dapat membangkitkan semangat. Sebab jika suasana belajar cocok dengan gaya Anda, tentu ilmu yang dipelajari lebih mudah terserap dan Anda pun tidak tertekan saat belajar. Lebih jelasnya, berikut beberapa tips belajar lebih rileks dan menyenangkan yang bisa Anda terapkan, yaitu:

·         Berdoa sebelum dan sesudah belajar

Berdoa bukan sekedar wujud ibadah untuk meminta kepada sang pencipta. Melainkan juga terapi positif agar Anda tidak merasa memiliki beban berat saat berbuat sesuatu, termasuk belajar. Oleh sebab itu, cobalah belajar sambil meminta kepada Tuhan agar selalu diberi kemudahan dalam memahami pelajaran ataupun mengerjakan soal. Usahakan selalu buka waktu belajar dengan doa dan akhiri dengan doa sesudah belajar sehingga ilmu yang dipelajari akan lebih berguna.

·         Belajar di tempat yang udaranya bersih

Tahukah Anda? udara yang bersih akan membuat Anda lebih sehat dan bugar setelah diproses melalui paru-paru. Pastikan ruangan Anda belajar selalu memiliki udara yang bersih, sebab udara yang kotor dan berbau tajam akan mengganggu konsentrasi atau bahkan membuat kesehatan tubuh terganggu. 

Untuk itu, usahakan sesekali Anda belajar di ruangan terbuka agar Anda lebih rileks dengan suasana baru. Selain itu, usahakan selalu minum air putih agar organ tubuh bisa selalu bekerja dengan baik. Minimal Anda harus meminum air putih delapan gelas per hari ataupun lebih. Hal ini berguna agar tubuh lebih segar saat belajar.

·         Buatlah jadwal belajar

Manajemen waktu sangat penting, baik itu bagi pekerja kantoran maupun siswa. Sebab pengaturan waktu yang baik tentu akan memudahkan Anda mencapai tujuan yang diinginkan. Sebaliknya jika pengaturan waktu sangat buruk, maka akan membuat banyak kegiatan Anda tertunda dan akhirnya semua aktivitas yang dilakukan akan terganggu, termasuk aktivitas belajar.

Oleh sebab itu, Anda patut membuat jadwal belajar yang sesuai kebutuhan. Sehingga Anda lebih mudah mengatur waktu belajar dan berkumpul bersama teman atau keluarga. Patut diketahui, belajar sesuai dengan jadwal juga akan membuat Anda lebih tenang dan tidak lagi ngebut dalam mengerjakan tugas atau lainnya. Jangan lupa untuk membuat aktivitas lainnya agar belajar selalu menyenangkan.

Belajar memang menjadi keharusan jika Anda ingin kesuksesan di masa depan. Oleh sebab itu, aturlah waktu dengan baik sehingga Anda bisa belajar dengan rutin dan mencapai hal-hal yang diinginkan lebih mudah. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel