Langkah yang Tepat untuk Menguatkan Spiritual Siswa

Langkah yang Tepat untuk Menguatkan Spiritual Siswa 

Langkah yang Tepat untuk Menguatkan Spiritual Siswa – Dulu kecerdesan anak atau IQ dianggap penting, padahal aspek lain seperti EQ dan SQ juga harus diseimbangkan agar anak bisa menjadi pribadi yang baik, tidak emosional, dan memiliki otak yang cerdas. Saat ini kecerdasan SQ sudah mulai dirilik dan dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah.

Langkah yang Tepat untuk Menguatkan Spiritual Siswa

SQ atau kecerdasan spritiual yang cukup penting untuk perkembangan siswa di sekolah. Dengan SQ, EQ dan IQ yang seimbang, maka kesehatan tubuh, pikiran, serta jiwa dapat terkoordinasi dengan baik. Banyak penelitian yang dilakukan oleh akademisi, yang mengatakan bahwa aspek spiritual memiliki pengaruh yang besar pada diri sesorang.

Berikut ini adalah upaya dan cara yang bisa kamu lakukan untuk menguatkan spiritual siswa. Meski terlihat sederhana, namun ia merupakan langkah yang penting agar seorang siswa mampu mendekatkan diri kepada Tuhan dan menjadi manusia yang baik.

Langkah dan Cara Menguatkan Spiritual untuk Siswa

a.    Refleksi Makna Hidup

Memaknai hidup akan membuat seseorang lebih banyak bersyukur, yang nantinya bisa mendekatkan dirinya kepada Tuhan. Untuk anak sekolah, Anda bisa memberikan contoh terkait dengan cara merefleksikan hidup, dengan selalu bersyukur atas apa yang mereka miliki.

Anda juga bisa mengajak siswa dan siswi untuk mengikuti aktivitas bakti sosial. Aktifitas ini akan memberikan contoh yang nyata pada siswa bahwa ada yang lebih tidak beruntung dari mereka, dan jika mereka memiliki harta lebih, mereka bisa memberikan sedekah atau bantuan.

b.    Mengajarkan Keagamaan

Anda tidak bisa menguatkan spiritual siswa hanya dengan menyuruh mereka melakukan ibadah saja, sebaiknya sekolah juga menyiapkan jam pelajaran khusus untuk mempelajari agama. Dengan ini, siswa bisa belajar lebih mendalam mengenai apa yang mereka anut.

Jika siswa dan siswi di sekolah sudah belajar mengenai agama, maka ajak mereka untuk melakukan ibadah bersama atau aktivitas agama bersama dengan teman-temannya. Aktiftas bersama tentu akan membuat mereka bersemangat untuk melakukannya, sehingga ditengah pembelajaran dan aktifitas keagamaan mereka tidak mudah bosan.

c.     Berikan Contoh yang Baik

Sebagai pengajar, Anda juga harus memberikan contoh yang baik kepada mereka terkait cara hidup sesuai dengan tuntunan agama. Secara perlahan, jika mereka melihat aktifitas baik dan keagamaan disandingkan, mereka akan sadar melakukannya secara mandiri.

Cara lain untuk menguatkan spiritual siswa adalah membangun atmosfir yang positif terkait dengan hidup sesuai tuntunan agama. Misalnya, menasehati siswa yang melakukan perbuatan tercela seperti mencontek atau mengejek temannya, tentu dengan kata-kata yang baik dan mudah untuk dipahami.

d. Memaknai Agama dengan Baik

Arus perkembangan teknologi yang pesat membuat bibit liberalisme, atheis, atau gerakan anti tuhan bisa ditemukan dimana-mana. Karena itu, jika memungkinkan, Anda bisa menyediakan media pembelajaran yang bisa membendung pemahaman tersebut, misalnya dengan menyediakan buku agama yang mencukupi di sekolah.

Anda juga bisa meminta bantuan orang tua di rumah untuk menjaga putra dan putri mereka dari tontonan atau bacaan yang kurang baik. Kerja sama antara orang tua dengan tenaga pendidik tentu akan membuat proses peningkatan spiritual berlangsung dengan lebih maksimal.

Demikianlah beberapa cara untuk meningkatkan spiritual siswa sekolah, semoga dengan informasi tersebut Anda tidak lagi bingung untuk menggunakan salah satu cara diatas. Dengan apsek spiritual yang baik, tentu siswa di sekolah mampu menjadi siswa yang tidak hanya berprestasi, namun juga memiliki sifat dan akhlak yang baik sebagaimana tuntunan agama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel