7 Tips Jitu Belajar Online Di Rumah Yang Efektif Selama Pandem

7 Tips Jitu Belajar Online Di Rumah Yang Efektif Selama Pandemi-

7 Tips Jitu Belajar Online Di Rumah Yang Efektif Selama Pandemi
Proses belajar di rumah memang tidak mudah. Pada waktu normal kegiatan belajar mengajar masih perlu disesuaikan, sehingga dapat berkonsentrasi mendengarkan guru dan mengerjakan soal. Sekarang di rumah, siswa didorong untuk bisa mengatur dirinya sendiri secara mandiri.

Belajar online di masa pandemi adalah solusi terbaik yang harus dijalani. Meskipun pembelajaran jarak jauh berbasis internet (PJJ) tidak lagi di kelas dan tetap bisa belajar online di rumah dengan menggunakan berbagai aplikasi belajar berdasarkan fungsi dan kelebihannya.

Sayangnya, metode pembelajaran online ini masih menimbulkan berbagai masalah. Dimana juga pastinya pernah mendengar bahwa beberapa sekolah di Indonesia tidak memiliki metode pembelajaran online yang efektif?

Di beberapa tempat yang sinyalnya sulit tentu saja berdampak besar pada efek bold learning. Tidak hanya keterjangkauan sinyal, ketersediaan peralatan juga menjadi kendala belajar bagi sebagian siswa. Keterbatasan pada salah satu sisi dari beberapa komponen di atas dapat menyebabkan terganggunya proses pembelajaran.

Faktor kebiasaan juga menjadi masalah, di antara pengalaman belajar tanpa kontak fisik dengan guru. Beberapa hal tersebut tentu akan membuat orang merasa tidak nyaman. Berikut adalah beberapa tips jitu belajar online di rumah yang efektif selama pandemi ini.

1. Cari ruang belajar yang tenang dan nyaman di rumah. Siapkan meja dan kursi seperti di ruang kelas. Cobalah untuk tidak belajar di tempat tidur, sehingga tidak akan mengantuk selama proses belajar.

2. Menyiapkan alat tulis dan buku-buku yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Pastikan jaringan internet tidak terganggu, agar tidak mengganggu perhatian belajar. Pastikan juga komputer atau laptop dalam kondisi yang sempurna.

3. Pastikan jaringan internet tidak terganggu, agar tidak mengganggu perhatian belajar. Pastikan juga komputer atau laptop dalam kondisi sempurna.

4. Buatlah rencana belajar sendiri di rumah. Bedakan waktu belajar dari Senin sampai Jumat dan Sabtu dan Minggu. Fleksibilitas waktu bersifat kondisional, sehingga siswa tidak mudah bosan.

5. Jauhi smartphone saat belajar untuk mengurangi gangguan. Jauhkan ponsel dari pandangan, misalnya dengan memberikannya kepada orang tua, agar kemudian bisa tetap fokus belajar.

6. Siapkan air dan buah-buahan untuk menemani belajar. Hindari makan camilan yang tidak sehat, agar stamina selalu kuat dan bisa melakukan aktivitas lainnya.

7. Rajin-rajinlah belajar online di rumah, hingga baru setelah pandemi ini selesai bisa memberikan kemampuan dan pengetahuan sepenuhnya. Cobalah untuk menemukan materi kursus lainnya melalui aplikasi dan situs web pembelajaran online gratis.

Untuk lebih meningkatkan kinerja perlu juga untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Dengan cara ini akan terasa seperti belajar di sekolah. Adanya jadwal juga akan membuat keteraturan sehingga siswa mau tidak mau mematuhi aturan yang mereka buat.

Kendala internal juga banyak, mulai dari orang tua yang mengaku kesulitan karena tidak menguasai mata pelajaran sekolah hingga anak yang kurang disiplin karena menganggap berada di rumah berarti liburan.

Selain itu, perubahan mood anak dalam pembelajaran online menjadi hal penting lainnya yang perlu diperhatikan. Hal ini karena terlalu banyak tugas sekolah membuat anak merasa bosan. Pada saat yang sama, belajar dengan cara ini membutuhkan penguasaan yang cepat.

Selain itu, dari sudut pandang pendidik misalnya, memberikan materi pembelajaran secara online dinilai lebih sulit daripada tatap muka di dalam kelas. Guru merasa kesulitan mengajak siswanya untuk aktif berkomunikasi, bahkan dalam ruang diskusi yang disengaja.

Sekian ulasan mengenai 7 tips jitu belajar online di rumah yang efektif selama pandemi dan mungkin bisa coba diterapkan. Semoga dapat membantu proses pembelajaran online jadi lebih menarik dan menyenangkan. Sehingga setiap prosesnya bisa diikuti dengan baik bahkan hingga lulus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel