4 Manfaat Penggunaan LMS Dalam Dunia Pendidikan

4 Manfaat Penggunaan LMS Dalam Dunia Pendidikan

4 Manfaat Penggunaan LMS Dalam Dunia Pendidikan
Teknologi dan internet masih menjadi pilihan yang tepat ditengah berbagai pembatasan untuk berkerumun dan interaksi secara langsung. Masa-masa pandemi covid 19 ini memang harus cepat adaptasi dengan perubahan lingkungan yang ada. Termasuk dunia pendidikan yang masih harus memaksimalkan proses belajar mengajar secara online.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan itu, sektor pendidikan mulai banyak menerapkan learning management system (LMS). karena aplikasi ini memungkinkan untuk menjembatani kebutuhan antara murid dan guru layaknya belajar secara langsung. Lantas, apa saja manfaat dari penggunaan LMS tersebut? Yuk kita bahas bersama-sama.

Manfaat Learning Management System (LMS)

1. Penjelasan Secara Virtual

Hal menarik dengan hadirnya LMS ini membuat guru dapat menyampaikan beberapa materi pembelajaran secara langsung. Prosesnya mungkin hampir sama dengan Anda ketika membuat materi dalam bentuk video, tetapi pada LMS tinggal menghidupkan laptop/PC, koneksi internet, membuka aplikasi, dan bisa langsung melakukan proses belajar mengajar.

Tentunya dengan adanya LMS ini membuat semua kebutuhan yang diinginkan oleh pihak sekolah dapat tetap bisa berjalan lancar. Beberapa manfaat lainnya bisa didapatkan oleh pihak murid, karena mendapatkan materi pembelajaran yang tepat dan langsung. Hal ini membuat semuanya tetap bisa melakukan proses belajar, meskipun hanya medium virtual saja.

2. Pilihan Format yang Lengkap

Ada banyak kendala ketika memberikan materi pembelajaran secara online, karena beberapa yang sudah dibagikan tidak bisa dibuka oleh para siswa. Sehingga membuat aktivitas pembelajaran akan terhambat. Melihat kendala tersebut, learning management system (LMS) terus berupaya untuk memenuhi standar yang ada.

Salah satu yang diberikan mengenai materi bahan ajar bisa diunggah dalam berbagai format yang diterima. Pada tahap ini Anda bisa memilih file berupa PDF, DOC, XLS, JPG, dan sebagainya. Bahkan, menariknya lagi Anda tidak hanya bisa mengunggah bentuk dokumen saja, tetap memungkinkan untuk format MP4 yang untuk kebutuhan pembelajaran.

3. Tetap Bisa Memberikan Tugas

Mungkin beberapa kendala terkait adanya pembatasan terhadap pendidikan, termasuk sekolah membuat pembelajaran akan sangat sulit untuk dilakukan. Tetapi, berbeda ketika mengoptimalkan LMS pada sistem pendidikan yang ada, melalui aplikasi tersebut membuat proses belajar mengajar tetap bisa dilakukan secara maksimal.

Karena, pada perkembangannya LMS membuat guru dan murid masih bisa menerapkan pembelajaran yang kondusif. Sebab, didukung oleh berbagai fitur yang membuat pihak sekolah tetap bisa memberikan tugas untuk dikerjakan oleh para siswa, meskipun sedang berada dirumah saja untuk melakukan dan mengikuti proses belajar mengajar itu.

4. Mampu Menganalisis Kemajuan Siswa

Perubahan yang ada terkait adanya LMS ini membuat pihak sekolah tidak perlu khawatir untuk memasukkan beberapa penilaian terkait kemajuan anak didiknya. Karena melalui LMS ini membuat semua kebutuhan itu sudah tersedia secara otomatis. Termasuk dalam menganalisis semua kebutuhan yang ada dalam mengikuti pembelajaran secara virtual tersebut.

Dengan demikian adanya LMS ini membuat semua yang diperlukan untuk mendongkrak proses pembelajaran tetap bisa dilakukan secara penuh, walaupun tidak tatap muka. Dengan demikian aplikasi ini menjadi platform yang tepat untuk memenuhi berbagai kegiatan yang ada, sehingga pendidikan tetap bisa terus dilakukan tanpa menghambat apapun itu permasalahannya.

Terpenting dalam kegiatan learning management system ini semua prosesnya bisa tetap terhubung dengan jaringan internet yang stabil dan setiap sekolah memilikinya. Untuk itu, pendidikan saat pandemi Covid 19 ini tetap bisa maksimal dan tidak ada hambatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel