Cara Menghindari Sikap Sering Mengeluh

cara menghindari sikap mengeluh
Mengeluh adalah suatu sikap yang biasa dilakukan oleh seseorang karena adanya sebuah masalah, baik masalah baru ataupun masalah yang lama namun belum bisa terselesaikan. 

Mereka yang biasa mengeluh adalah yang tidak terbiasa menghadapi sebuah permasalahan, mereka cenderung menggantungkan diri kepada orang lain dan tidak memiliki sikap kemandirian, mental yang kuat untuk bisa mengambil sikap.

Sikap yang harus diambil oleh orang yang tidak biasa mengeluh adalah dengan berpikir lebih matang yang percaya kepada dirinya sendiri bahwasanya dia dapat menyelesaikan sebuah permasalahan yang ia hadapi.

Janganlah kita menjadi orang yang sering mengeluh atas sebuah permasalahan yang sedang kita hadapi karena tidak ada gunanya, lebih baik kita menghadapi permasalahan tersebut agar kita lebih dewasa dan matang serta tidak kaget saat menghadapi berbagai masalah.

Lalu bagaimanakah agar kita bisa menjadi orang yang terhindar dari sikap yang sering mengeluh, paling tidak penulis merangkum solusi agar terhindar dari sikap mengeluh sebagaimana berikut : 

1. Sering Bertanya 

Jika kita menghadapi sebuah permasalahan dan mengalami kebuntuan maka lekaslah bertanya kepada mereka yang lebih tahu yang kita anggap sudah berpengalaman atau mereka yang sudah dewasa dan memiliki kredibilitas yang tinggi. Jika kita ada permasalahan tentang kepribadian maka coba kita tanya kepada guru kita atau kepada para ustadz kita yang tentunya mereka lebih tahu.

Jika kita jarang bertanya dan hanya memendam perasaan kita sendiri maka yang datang adalah keinginan untuk selalu mengeluh, keinginan untuk selalu meratapi kehidupan dan hasilnya kosong sama sekali tidak mendapatkan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi.

2. Sering Bersyukur

Umumnya mereka yang yang sering mengeluh juga karena mereka jarang bersyukur, melihat temannya punya motor ada keinginan memiliki motor padahal masih punya sepeda dan kaki untuk bisa mengayuh hingga sampai ke tempat tujuan. Ketika melihat temannya punya mobil dan dia hanya memiliki motor ingin rasanya untuk memiliki mobil akhirnya dengan tidak adanya rasa bersyukur tersebut dia akan mengeluh.

Wah kenapa ya Aku tidak punya mobil, duh kenapa ya aku tidak memiliki ini dan aku tidak memiliki itu dan seterusnya sehingga perasaan mengeluh yang selalu timbul.

3. Latihan Mandiri

Saat kita menghadapi kesulitan, saat kita menghadapi permasalahan sebagian besar orang pasti akan mengeluh karena mereka sudah terbiasa dengan sikap manja yang sering mereka lakukan.

Jangan sampai menjadi pribadi yang manja di manapun kita berada, sesulit apapun yang kita hadapi maka niatkanlah untuk menjadi pribadi yang mandiri untuk masa depan kita. Yakinlah kalau kita masih bisa melakukan segalanya sendirian meskipun adakalanya kita ini sebagai makhluk sosial membutuhkan orang lain.

Janganlah merepotkan orang karena hanya akan menjadi beban. Dengan berlatih Mandiri sesulit apapun masalah karena sudah terbiasa mandiri maka akal akan berputar untuk dapat memberikan solusi terhadap semua masalah.

Nah itulah cara bagaimana agar kita menjadi orang yang tidak sering mengeluh karena mengeluh tidak ada gunanya dan hanya akan merepotkan orang lain serta hanya memanjakan diri kita sendiri sehingga kita tidak akan menjadi orang yang berguna.

Jadi intinya marilah kita bersyukur masih memiliki anggota badan yang tetap bisa melakukan segala hal dan masih memiliki akal. Dimana akal bisa membedakan mana yang baik dan buruk dan dapat memberikan solusi untuk masalah. Lidah memang tidak bertulang, ketika lidah tidak bertulang maka akan mudah mengeluh, daripada mengeluh maka mari kita ucapkan hamdalah rasa syukur yang bisa bernilai ibadah di sisi Allah.

 

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel