Cara Mengatasi Kecanduan Gatget

Agar Tidak Kecanduan Gatget
Tahu tidak barang yang sering kita bawa dan tidak pernah lupa untuk kita mainkan ?, tentu saja HP atau gadget. Ketika mau makan, ketika mau minum, ketika sedang istirahat, ketika sedang bosan, barang yang paling cepat kita pegang dan harus dekat dengan kita adalah gadget atau HP.

 

Dalam sehari paling tidak kita menghabiskan 6 jam lebih untuk menggunakan gadget, belum termasuk ketika kita liburan. Maka semakin banyak pula waktu luang yang kita gunakan untuk memegang dan menggunakan gadget tersebut.

 

Apakah berdampak positif atau negatif itu tergantung mereka yang sering menggunakannya, jika terlalu lama digunakan tentu akan berdampak negatif karena ini merupakan salah satu gangguan sosial karena seolah kita telah mengabaikan orang-orang yang ada disamping kita.

 

Harus bagaimanakah agar kita tidak kecanduan dengan gadget, Baik saya akan menguraikan nya.

 

1. Mulai Tentukan Tujuan

 

Ketika kita memiliki gadget atau HP apa sih sebenarnya tujuan dari kita memilikinya, apakah sekedar untuk main-main, sekedar untuk bersenda gurau, untuk berkomunikasi dengan orang lain, bersosial media dengan orang lain atau untuk berbisnis.

 

Masing-masing tujuan tersebut ini memiliki konsekuensi waktu dan juga spesifikasi gadget yang berbeda-beda. Jika memang tujuannya adalah sekedar untuk bermain-main sebaiknya tidak usah membeli gadget yang terlalu mahal, karena nanti akan menimbulkan kecanduan. Sebaliknya jika untuk berbisnis maka ini sangat perlu memiliki spesifikasi yang tinggi karena dibutuhkan kecepatan agar loadingnya tidak terlalu lama.

 

Setelah kita menentukan tujuan untuk apa kita menggunakan gadget, tentunya akan ada waktu-waktu di mana kita terbatasi untuk menggunakannya. Dan pad aakhirnya tidak menimbulkan kecanduan.

 

2. Menentukan Waktu yang Tepat untuk Menggunakannya

 

Setelah kita menentukan tujuan, tentu yang kedua adalah menentukan waktu yang tepat kapan kita menggunakannya agar kita masih tetap bisa bersosial dengan orang lain, berinteraksi dengan orang lain, baik saudara ataupun tetangga dan teman-teman kita. Tidak layak kita mengabaikan dan menggunakan seluruh waktu dengan menggunakan gadget yang kita miliki.

 

Misalkan saja ketika kita waktunya bekerja menggunakan gadget maka gunakanlah gadget, ketika kita sedang bosan dan manfaat serta tujuan kita membeli gadget adalah untuk bermain, maka gunakanlah untuk bermain sekedarnya disertai waktu-waktu yang telah kita tentukan dan tidak sembarangan untuk menggunakannya setiap saat.

 

3. Menggunakan Aplikasi Sekedarnya

 

Playstore sekarang memiliki banyak sekali aplikasi untuk bermedia sosial, janganlah kita terlalu berlebihan menggunakannya untuk berinteraksi dengan orang lain. Misalkan saja kita menggunakan aplikasi Facebook kemudian tiktok, Twitter WhatsApp dan berbagi aplikasi lain dalam satu gadget. Tentu ini akan sangat mengganggu kita di dalam beraktivitas, paling tidak kita menggunakan satu atau dua aplikasi saja sudah cukup untuk sekedar hiburan atau mencari informasi.

 

Dengan membatasi aplikasi yang ada dalam HP, akan membuat banyak waktu luang kita untuk bersama dengan orang lain dan mengisi waktu waktu kita dengan lebih produktif lagi.

 

4. Introspeksi Dalam Sehari

 

Dalam sehari Coba kita introspeksi apakah yang kita lakukan dengan menggunakan gadget kita ini produktif atau tidak. Jika ternyata banyak sekali hal-hal yang kita lakukan dengan HP atau gadget yang kita miliki tidak produktif maka untuk hari berikutnya silakan dikurangi untuk menggunakan gadget atau aplikasi yang sering kita buka di hari ini.

 

Dengan introspeksi tersebut maka kita akan lebih mawas diri di dalam memanajemen waktu kita.

 

Demikianlah kawan-kawan bagaimana cara kita agar terhindar dari kecanduan gadget dan terlebih lagi supaya kita lebih produktif di dalam menjalani hari-hari kita dan waktu kita tidak terbuang dengan percuma.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel