Agar Menjadi Guru Favorit

Menjadi guru Favorit

Siapa sih yang tidak ingin menjadi guru yang didambakan oleh para siswanya, menjadi guru tidaklah mudah, seorang guru selain dia mentransfer ilmu dia juga harus mampu melaksanakan tugasnya yakni menjadi suri tauladan yang baik bagi para siswa yang sedang dia ajar.

Akan sangat berbeda jika siswa yang sangat tertarik dengan guru dengan siswa yang kurang tertarik dengan guru yang mengampu mata pelajaran yang sering diikuti. Mereka para guru yang diidam-idamkan oleh para siswa, mereka cenderung bersemangat ketika diajar walaupun sebenarnya cari perhatian, namun sebenarnya mereka ada perhatian agar guru yang dia idamkan memberikan respon yang baik terhadapnya.

Namun tidak semua guru yang tahu bagaimana sih agar menjadi guru yang diidamkan dan difavoritkan para siswa baik di jenjang yang yang bawah hingga jenjang yang tinggi.

1. Memberi Kesan Antusias saat Mengajar

Saat kita berhadapan dengan para siswa mereka tentu akan tahu kalau guru sedang bersemangat ketika mengajar para siswanya, tentu ini juga akan memberikan perasaan antusias. Namun jika gurunya saja kurang antusias ketika mengajar dan bertatap muka dengan para siswa tentu para siswanya pun kurang dapat memberikan respon yang baik atau bahkan kurang dapat berkonsentrasi dalam belajar. Tentu sikap ini tidak baik, apalagi jika ada hubungan yang kurang positif antara siswa dan guru tanpa rasa antusias yang kurang dalam proses belajar.

2. Unsur Mendekati Siswa

Menjadi seorang guru tidak harus selalu terlihat killer, tidak hanya ditakuti oleh para siswanya namun seorang guru juga harus mampu bersahabat dengan para anak didiknya, dapat mengambil hati mereka dapat mengetahui latar belakang mereka atau kepribadian mereka bahkan keseharian mereka apa yang mereka sukai dan apa yang mereka tidak sukai sehingga akan timbul rasa kedekatan seorang guru terhadap para siswanya, walhasil mereka merasa nyaman dengan keadaan yang ada di kelas dan mereka pun akan mudah bergaul dengan teman dekat mereka dan guru.

3. Humoris

Akan terasa tidak menyenangkan jika sebuah mata pelajaran itu terasa menegangkan, bagaimana jika pelajaran itu terasa menyenangkan kalau seorang guru dapat menggabungkan antara materi dengan guyon-guyonan yang dapat diterima oleh para siswa. Tentu ini akan memberikan suasana yang berbeda, tidak menegangkan bahkan lebih menyenangkan daripada hanya sekedar penyampaian materi yang terlampau kaku.

4. Jangan Mudah Marah

seorang anak ataupun siswa sebenarnya mereka hanya ingin mendapatkan perhatian dari gurunya jika mereka berbuat salah sebenarnya masih dapat diarahkan tidak perlu kita lantas langsung memarahinya menjustifikasi pada dirinya bahwasannya dia itu adalah seorang anak yang nakal tidak seperti itu.

Yakinlah bahwasanya jika anak itu melakukan kesalahan dia masih dapat berubah menjadi lebih baik lagi, karena sebenarnya di dalam pembelajaran itu dan di dalam pendidikan seorang guru harus dapat menanamkan kebiasaan yang baik yang tadinya anak itu memiliki kebiasaan buruk anak akhirnya dapat belajar membiasakan kebiasaan yang lebih baik lagi.

5. Faham Materi

Jika seorang guru benar-benar memahami materi yang diajarkan tentu akan banyak sekali tips-tips yang dapat diberikan kepada para siswanya sekaligus pengalaman-pengalaman yang tentunya lebih praktis yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian materi akan terlihat lebih menyenangkan selain itu akan lebih jelas ringkas tidak bertele-tele dan tidak berbelit-belit dan akan mudah lebih dipahami oleh para siswanya.

Itulah beberapa tips jika Anda ingin menjadi guru yang digandrungi dan tentunya favorit bagi anak-anak. Semua itu tidak terlepas dari karakter yang kita miliki, meski itu adalah tips secara umum, jika seorang guru memiliki karakter yang unik, ini tidak menutup kemungkinan para siswa akan suka kepada guru tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel