Hikmah dibalik Rasa Sakit

Hikmah dibalik Rasa Sakit
Hikmah dibalik Rasa Sakit yang Sedang Kita Alami
Siapa yang tidak pernah merasakan sakit ? semua orang pasti pernah merasakan sakit bahkan orang yang sangat menjaga tubuhnya sekalipun yakni Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam juga pernah merasakan sakit.

Pada hakekatnya sakit itu bukanlah disebabkan karena adanya pola kehidupan yang sering kita lakukan tidak sesuai dengan aturan. Namun sakit itu adalah kehendak yang maha kuasa Coba kita lihat berapa banyak orang yang memiliki tubuh yang kuat yang sehat namun juga pada akhirnya dia juga merasakan sakit bahkan hingga meninggal dunia karena adanya sakit yang dia derita yang bahkan dia sendiri tidak tahu.

Meskipun demikian kita selaku manusia harus berikhtiar dengan cara meneladani nabi kita yang cara merasakan sakit. Nabi Muhammad sangat menjaga kesehatan beliau diawali dari pola makan, ibadah dengan intensitas yang sangat luar biasa, dan berbagai aktivitas lain yang meningkatkan masa gerak sehingga beliau lebih banyak bergerak daripada terdiam.

Kalau kita pikir sendiri, coba kita bedakan antara air jernih dengan air yang keruh, air jernih yang dihasilkan dari aliran yang selalu bergerak sedangkan air keruh ini diakibatkan dari air yang terdiam yang tidak pernah bergerak sama sekali. Ini bisa diakibatkan atau diibaratkan penyakit yang mengendap karena kita jarang bergerak.

Jika kita telah merasakan sakit baik itu sakit yang ringan ataupun sakit yang berat semua orang pasti berpikiran kapan sakit ini akan reda, kapan sakit ini akan hilang. Intinya semua orang ingin merasakan sehat tapi tahu tidak sebenarnya sakit ini ini akan lebih mendekatkan diri kita kepada sang pencipta karena jika kita telah merasakan sakit biasanya Allah yang menjadi keluhan pertama kali tapi jangan salah dengan cara menyalakan Allah karena telah memberikan penyakit tersebut.

Sesakit apapun kita selaku umat muslim harusnya dapat mengambil faedah kenapa Allah menganugerahkan rasa sakit kepada kita, berikut beberapa Apa hikmah yang bisa kita dapatkan dari sakit yang telah diberikan oleh Allah :

1. Introspeksi Diri Lebih Intim

Saat kita dalam keadaan sakit banyak waktu yang kita limpahkan untuk menyendiri dari berbagai macam keramaian yang selama ini menyibukkan diri kita saat seperti inilah kita banyak-banyak introspeksi tentang apa yang selama ini telah kita lakukan, apa yang selama ini telah kita amalkan, apa yang selama ini telah kita berikan kepada orang lain titik apakah kita sudah pemanfaat bagi orang lain ataukah belum atau bahkan sebaliknya lebih sering melakukan banyak kesalahan sehingga merepotkan banyak orang lain dari sinilah kita semakin pasrah semakin intim lebih tebal atas kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat sehingga kita mencoba untuk lebih lebih bermanfaat lagi bagi orang lain.

2. Do'a Lebih Sungguh-Sungguh

Kalau orang sakit berkepanjangan maka keinginan untuk lekas sembuh adalah hal yang paling utama oleh karenanya ketika dia berdoa pasti dengan sangat sungguh-sungguh memohon kepada Allah untuk segera disembuhkan, hingga sampai meneteskan air mata memohon ampun kepada Allah jika memang banyak kesalahan yang telah dilakukan dirinya selama ini bahkan hingga ada keinginan untuk jika nantinya sehat akan lebih baik lagi dari hari-hari kemarin ibadahnya akan lebih sungguh-sungguh lagi.

3. Meningkatkan Keimanan

Sakit adalah pemberian dari Allah, kesembuhan juga yang mendatangkan adalah Allah jika keyakinan ini pernah tertanam dalam pikiran kita maka saat sakit berkepanjangan dan akhirnya bisa sembuh ini dapat meningkatkan kepercayaan kita kepada Allah selaku Tuhan yang telah memberikan kesembuhan

4. Ibadah Lebih Banyak

Ketika sakit tidak banyak hal yang bisa dilakukan kecuali hanya berbaring dan tiduran. saat seperti inilah kita hanya mampu memohon kepada Allah beribadah dengan berpikir dan melakukan hal-hal yang lain mungkin dengan cara istighfar membaca shalawat meminta ampun bahkan berpuasa jika ingin lekas sembuh dari sakitnya. Oleh karena itu banyak hal yang bisa dilakukan dengan cara ibadah kepada Allah saat sakit melanda.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan dan ambil hikmahnya ketika kita dalam keadaan sakit saran saya janganlah mengeluh tetaplah bersyukur karena rasa sakit itu merupakan perwujudan kasih sayang Allah kepada kita selaku umatnya mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah justru dengan bersyukur maka Allah akan menambah nikmat kepada kita dengan banyak beribadah dalam keadaan sakit maka Allah Insyaallah akan lekas menyembuhkan kita dari sakit yang telah dianugerahkan kepada kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel