Cara mudah belajar bahasa Inggris bagi Pemula Biar Jago

Cara mudah belajar bahasa Inggris bagi Pemula Biar Jago

Cara mudah belajar bahasa Inggris bagi Pemula Biar Jago – 16 Trik Pemula

 

Cara mudah belajar bahasa Inggris

Cara mudah belajar bahasa Inggris bagi Pemula Biar Jago. Mau nggak tuh, tentu mau lah siapa aja bisa pinter dan jago bahasa inggris. Sebelum kita kupas tuntas baiknya kita kenal dulu yuk bahasa inggris. Bahasa internasional yang kita kenal ini ternyata jadi salah satu bahasa tertua di dunia lho. Asal bahasa Inggris ini dari Britania di abad ke delapan. Karena bahasa Internasional, tentunya harus ada perkembangan donk, siapa sangka kalau bahasa ini memiliki perkembangan yang cukup pesat. Seorang peneliti dari Harvard University mengemukakan setidaknya muncul 8500 kosa kata baru setiap tahunnya.

 

Kok bisa jadi bahasa internasional ?. Ya iya lah, negara ini kan negara maju, nggak hanya sekedar berkembang. Peradabannya melebihi yang kita miliki. Kalau dilihat dari segi pengetahuan negara ini sangat maju sekali. Nggak hanya itu, bangunan-bangunan yang megah di Inggris juga menjadi slaah satu bentuk tingginya peradabannya lho. Nah, karena inilah maka bahasa Inggris bisa menjadi bahasa Internasional. Yang nggak kalah pentingnya juga yang bisa kita kenang adalah penjajahannya di negara kita tercinta ini yang mengakibatkan bahasa ini mudah meluas, tidak hanya di negara kita, namun juga di negara lainnya yang pernah ia jajah. Kalau penjajah sudah pernah singgah selama puluhan tahun, siapa yang nggak terbiasa mendengar dan faham apa yang mereka katakan. Tahu dong pasti.

 

Dari sini pasti kita tahu kalau bahasa yang mendunia sangat diperlukan. Bahasa internasional dipakai untuk berkomunikasi dengan semua orang untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Mau beli buku biar dapat harga murah, ya harus pinter ngomong dengan orang inggris, bukunya tentu bagus-bagus dong. Kalau kita bayangkan, Indonesia kita ini aja terdiri dari 1121 bahasa yang tercatat di BPS tahun 2010. Kalau di seluruh belahan dunia ?, wah, tentu belepotan kalau harus dihapal. Karenanya lah kita perlu bahasa Internasional.

 

Zaman sekarang ini semua dalam genggaman, serba cepat dan tidak terduga, serba mudah pokoknya, sampai-sampai adanya perdagangan bebas. Tentunya para investor asing akan banyak mau menanamkan modal untuk Indonesia, bisa kaya raya indonesia. Belum lagi objek wisata yang bejibun, tentu akan menarik para orang asing untuk berlibur ke Indonesia. Apalagi di Indonesia menurut mereka sangat-sangat murah.

 

Mau ketemu dan ngomong sama orang asing ada di mana-mana, kalau ketemu dan terpaksa harus berinteraksi dengan mereka, apa Anda akan diam ? bisa saja Anda atau dia si orang asing tersesat, bagiamana kita mennjukkanya atau lagi ada masalah dan peluang, penting dong untuk berkomunikasi pakai bahasa Inggris. Cara terbaik ya harus belajar bahasa inggris agar bisa komunikasi dengan mereka, jangan saat bertemu mereka malah lari ya. Kalau udah biasa ya santai-santai saja, cara komunikasi yang tidak perlu dihati-hati dalam bicara menjadikan kita menyandang sebutan fasih.

 

Pelajaran Bahasa Inggris kan masuk di kurikulum pada semua jenjang pendidikan, mulai dasar, menengah hingga aliyah. Ada juga yang mewajibkan para siswanya nggak tanggung-tanggung harus memakai bahasa inggris sepenuhnya. Dengan adanya fakta ini, tidak ada lagi alasan untuk Anda bermalas- malasan dan tidak menganggap bahasa Inggris sebagai bahasa yang tidak penting. Kalau masih menganggapnya tidak penting, maka siap-siaplah untuk ketinggalan zaman.

Mau lancara bahasa Inggris ?, Anda tidak perlu hawatir ikutan les bahasa Inggris dan lain sebagainya yang dapat membuat kantong makin kering. Yuk, simak 16 cara agar Anda cepat bisa bahasa Inggris

Cara cepat belajar Bahasa Inggris, mudah bagi pemula

 

1. Coba Pelajari dulu Bahasa Inggris Basicnya (Dasar)

Cara mudah yang pertama adalah dengan Anda mencoba belajar Bahasa Inggris yang paling dasar. Mulai dari kata-kata yang sering digunakan waktu keseharian. Yakin deh, kalau yang dasar-dasar itu penting banget lho. Anak-anak saja mereka ngomongnya kan berani, mulai sedikit-sedikit menjadi banyak dan akhirnya lancar. Akhirnya semakin banyak melakukan percakapan semakin banyak pula kosa kata yang nyantol di pikirannya. Yah, kata atau kalimat yang umum digunakan gitu.

 

2. Cara Klasik Dengerin Lagu yang disuka

Cara yang ke dua yang juga mudah belajar bahasa Inggris adalah dengan Anda coba unduh lagu-lagu yang berbahasa inggris, dengerin dengan seksama, lalu coba tuliskan liriknya dalam lembaran-lembaran kertas. Habis itu koreksi deh dengan Anda cek di google kebenarannya. Tapi ingat, mulai saja belajar dengan mendengarkan lagu-lagu yang Anda sukai. Kalau dengerin yang mbosenin ya malah buat Anda makin nggak mood untuk belajar Bahasa Inggris nantinya.

Cara Ini, akan membantu Anda untuk melatih kepekaan telinga Anda dalam mendengarkan dan mengoreksi lirik lagu, nggak harus Anda dengerkan sekali, bisa berkali-kali, karena belum terbiasa.

 

3. Cara Belajar dengan Membiasakan Menonton Film Berbahasa Inggris tanpa subtitle Indonesia

Akan terasa menyenangkan, jika Anda menggunakan cara belajar ini. sudah bisa nonton film dapat ilmu bahasa inggris lagi, wah sangat menyenangkan tentunya. Eits, tapi ingat, jangan pakai penterjemah bahasa Indonesia. Karena ini sama saja membohongi diri sendiri, jika terpaksa memang ada subtitlenya maka jangan dilihat namun sesekali boleh deh Anda lihat jika memang kesusahan dalam memahami filmnya. Sebenarnya cara visual akan lebih mudah Anda fahami, apalagi dengan macam ekspresi yang tidak asing lagi. Apakah saat mengucapkan kata berbahasa inggris dia dengan tersenyum, marah atau sedih. Tenunya bahasa inggrisnya akan mudah ditebak. Cara pengucapannya pun juga lebih terlihat dan nyata.

 

4. Belajar Literatur Bahasa Inggris yang Banyak

Bacalah, bacalah dan terus baca hingga Anda benar-benar memperoleh banyak informasi atau malahan semakin banyak membaca jadi semakin tidak tahu. Jangan puas-puas deh dengan belajar membaca. Mulai dengan membaca yang ringan-ringan, nggak usah yang panjang-panjang, jika memang Anda merasa pemula. Saat masih kecil kita diajari membaca dari yang ringan-ringan bukan. Bukan yang berat-berat, akhirnya semua terasa mudah dan menyenangkan. Ini akan meningkatkan kompetensi reading Anda

 

5. Cara Mudah dengan Membaca Kamus Bahasa Iggris

Wah, cara mudah dengan membaca kamus ?, membosankan donk. Jangan salah, dengan Anda sering membaca kamus, apalgi yang bergambar ini akan memudahkan mengingat berbagai kosa kata yang baru dan tentunya praktik donk. Bisa dengan menuliskannya kembali atau melafalkannya ulang dengan cara Anda. Nggak perlu takut salah, kan salah nggak dapat nilai, namanya juga latihan.

 

6. Nemu Kata yang Tidak dimengerti, Hafalin

Cara belajar seperti ini tentu banyak sekali ya yang nggak dimengerti. Memang sih, apalagi bahasa inggris, tapi hasilnya akan luar biasa karena jika Anda biasakan, maka semua kata yang akan dijmpai dikemudian hari akan nggak jadi asing lagi. Jangan cuman dilewati doang. Sayang nanti sekali dilewati maka akan malas mengulang dan lagi lagi nggak mau nerjemah deh, apalagi mau dihafal, boro boro.

 

7. Cara Mudah dengan Menulis bahasa Inggris

Kalau hafalan bahasa Anda sudah banyak, lanjut deh ke tingkat selanjutnya untuk diamalkan semua ilmunya. Apa itu, tentu dengan menliskan apa yang Anda ketahui dengan menuangkan dalam sebuah cerita, cerita apa saja, ini bertujuan untuk mengasah kemampuan menulis dalam berbahasa inggris, jangan salah ya, kemampuan menulis ini sangat sulit lho. Ini adalah kemampuan tingkat lanjut, meski demikian, tetap masih bisa dilakukan.

 

8. Ngadep Cermin sambil Ngomong

Cara ini dapat menignkatkan kepercayaan diri Anda lho saat bicara sama orang lain, nggak peduli salah benar yang penting ngomong deh, tapi juga jangan terpaku sama kemampuan awal hingga lupa meningkatkan kemampuan agar lebih lancar lagi ketika momen momen saat belajar di depan cermin. Mulai sekarang, cobalah untuk berbicara di depan cerminagar kepercayaan diri Anda meningkat.

 

9. Biasa Biasa Biasa karena Terbiasa

Cara biasa namun luar biasa, yakni dengan cepat dan segera, cara segera dan cepat dan seterusnya. Semua tips tadi sangat mungkin sekali untuk diubah ditambah dan dimodifikasi, yang nggak boleh itu adalah jangan sampai menyerah dan putus asa. Semua karena terbiasa, awalnya sih sulit dan butuh tenaga yang banyak untuk bisa menyelesaikan semua misi hingga jadi lancar, namun semua akan berakhir dengan hasil yang memuaskan.

 

10. Cara Latihan Tanpa Henti

Cara ini harus Anda tunjukkan seolah Anda sudah mahir atau masih merasa bodoh. Nggak papa dibilang bodoh. Namun kerja keras karena latihan tanpa henti akan membuahkan hasil yang baik. Saat bangun tidur, mandi, ganti baju sekolah bekerja atau mau tidur dan lain sebagainya. Wujudkan cinta bahasa Inggris.

 

11. Pakai Internet dengan Maksimal

Anda seorang pemula ?, apa benar perasaan pemula selalu menyelimuti Anda ?, cara mudahnya ya latihan, gitu aja. Internet lho sekarang mudah sekali digunakan, tinggal pinter-pinternya kita sendiri memanfaatkannya. Misalnya nih, donwload aplikasi di playstore soal kamus, download percakapan dan lainnya. Atau lihat Youtube, nggak terbatas kita kalau mau belajar, internet menjadi ladang yang sangat potensial untuk mempercepat agar kita bisa menjadi lebih fasih dan mahir. Dengan bantuan internet inilah Anda bisa belajar dengan lebih benar lagi.

 

12. Jangan Malu bertanya

Tahu nggak semua cara itu bisa saja Anda lakukan, namun ada yang susah untuk dipecahkan dan ditelusuri, terbait dengan bahasa, makanya saran aku, janganlah malu untuk bertanya kepada siapa saja yang Anda anggap memiliki kompetensi di atas rata-rata Anda. Bisa Anda awali dengan percakapan ringan biar lebih akrab, hingga Anda bertanya lebih dalam agar mereka yang Anda tanya tidak merasa ditanya banyak-banyak hingga menimbulkan kebosanan.

Jangan lupa ya, saat bertanya dan bercakap-cakap pakai juga dengan bahasa Inggris agar Anda mengamalkan kebiasaan yang baik. Dengan ini maka kemampuan sepaking Anda akan meningkat.

 

13. Jalinlah Pertemanan yang Lebih Luas

Cara ini sangat mudah lho, sudah lihat kan banyak video ? apalagi di Indonesia sudah ada orang yang bercakap pakai bahasa Usbekistan yang lumayan rumit, tapi fasih. Keren abnget nggak tuh, ternyata orang Indonesia itu lidahnya multifungi untuk semua bahasa, nikmat mana lagi yang kita nggak syukuri. Berteman jangan kenal batas, selagi pertemanan itu bermanfaat dan positif bagi diri Anda. Apalagi diatan awal adalah biar lancar berbahasa Inggris.

Jangan pernah malu mengatakan kalau Anda lagi belajar dan mendalami bahasa Inggris, merasa masih pemula dan ingin belajar terus, biar fasih dan lancar.

 

14. Tiduran Pakai Headset

Keren, nih. Ini yang saya sebut sebagai pembiasaan yang baik. Saat tidur pun coba untuk memakai Headset dengan yang sudah diisi percakapan bahasa inggris dan lainnya, meski seolah pasif, namun percaya saja jika apa yang Anda dengar tetap direspon oleh otak Anda. Daripada ngaggur kan sayang. Oh iya, pakai saja mode pesawat, karena ini bisa merusak syaraf jika telepon kita deketkan dengan kepala selalu.

 

15. Tempel Tempel

Siapkanlah buku atau coret-coret utuk Anda sendiri, selalu di bawa ke mana-mana. Seperti kamus kecil gitu, setiap kali melihat sesuatu yang ingin sekali Anda tahu artinya, maka tuliskan pada buku catatan tersebut lalu cari. Jika belum sempet mencari cobalah tulis dahulu. Sehari coba dapatkan 10 saja, nggak usah banyak-banyak namun sangat perlu dihafal dan diingat-ingat.

 

16. Les privat

Jika Anda merasa pemula sekali dan ingin segera mahir dan fasih, maka saran saya ikutan les aja, biar nanti Anda lekas bisa dan terbiasa. Inlah cara cepat belajar bahasa Inggris. Semua cara di atas memang bisa diterapkan kepasa siapa saja, bagi yang mau. Namun kelebihan pada les privat ini semua materi telah disusun dengan baik dan teratata agar Anda dapat memperoleh nilai dan kemampuan yang maksimal dalam waktu yang cukup singkat.

 

Demikianlah tips-tips yang bisa saya kasih tahu buat temen-temen semua, semoga bermanfaat ya, jangan lupa diamalkan. Saya rasa dengan menerapkan separuh tips yang ada, Anda akan bisa lancar berbahasa Inggris dengan baik.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel