6 Skill kemampuan dasar bahasa inggris

6 Skill kemampuan dasar bahasa inggris

5 Skill kemampuan dasar bahasa inggris

Kalau mau paham dan pintar bahasa, terutama Bahasa Inggris maka harus latihan, tapi jangan asal-asalan latihan ya, karena semua ada caranya, awali semua dengan belajar dari yang paling dasar, karena dengan paham dasar-dasarnya ntar akan jadi lebih mudah kalau nemu kalimat-kalimat yang lebih kompleks, jadi materi yang bentuknya kayak gimanapun akan jadi mudah kok kalau udah paham dasar-dasarnya.

Meski bahasa Inggris itu cukup rumit, bukan berarti tidak bisa dikuasai lho ya. Intinya ya konsisten, biar lebih mudah. Ini nih, dasar-dasar bahasa Inggris yang perlu kamu tahu jika memang pengen belajar Bahasa Inggris secara otodidak, atau jika kamu lagi demen les Privat.

1. Dasarnya ialah Belajar Bentuk Kata

Kalau dalam Bahasa Inggris ini dikenal dengan Tenses, ini elemen yang paling dasar lho kalau mau belajar Bahasa Inggris. Apalagi kamu udah tahu tentang tenses ini, jadi tenses itu sendiri bentuk kata kerja yang nerangin kondisi terjadinya peristiwa. Peristiwa sekarang, masa lalu hingga masa yang akan datang.

Siapa yang tahu ada berapa tenses dalam Bahasa Inggris ? ada yang tahu ? cari sendiri ya, bagi yang belum tahu segera cari dan hafalin ya. Kaalau kamu faham dan hafal tenses yang ada dalam Bahasa Inggris, kamu bisa dikatakan dapat menguasai Bahasa Inggris dengan baik lho, nah, gimana nggak, dari struktur yang ada kamu udah faham, kini tinggal banyak-banyakin kosa kata yang harus dihafal. Bisa dengan banyak-banyak nulis atau dengerin Bahasa Inggris.

Jadi, kalau kamu udah nguasai yang namanya tenses, aku jamin deh, kalau nulis ama ngomong nggak salah-salah amat atau bahkan dikatakan bener.

2. Dengerin

Kalau udah paham tenses, selanjutnya adalah kemampuan kamu dalam mendengarkan atau lebih dikenal dengan listening. Wah kalau ini lumayan rumit ya, gimana kalau nggak bisa pause ? tentu mereka yang menjadi penutur asli ngak mau tanggung-tanggung dengan memberikan kalimat-kalimat yang pelannya minta ampun untuk bisa didengerin.

Pinter-pinter yang dengerin untuk bisa menangkap apa sih kosa kata yang sedang atau telah didengar, saran aku pakailah yang ringan-ringan dulu dengan mulai pada kosa kata atau percakapan yang nggak teelalu berat. Semakin familiar kamu dengar sebuah kosa kata tertentu, maka akan semakin mudah deh mempelajarinya. Tonton sering-sering dan dengerin dulu mereka yang menjadi penutur asli untuk memperlancar skill bahasa inggris kamu.

3. Baca

Jika udah menguasai kemampuan menguasai struktur kalimat, lalu juga telah menguasai kompetensi mendengarkan, maka selanjutnya lanjut deh membaca atau reading.

Cuman dengan membaca banyak teks kalimat yang berbahasa Inggris, ini bisa buat dirimu jadi lebih peka sama struktur kata lho. Yakin deh. Dari situ kamau bisa belajar banyak kosa kata Bahasa Inggris, selain itu juga akan banyak kosa kata baru yang akan kamu dapetin. Lagian dengan melakukan hal ini kamu akan mampu mengoreksi juga lho mana struktur yang pantes sama yang tidak.

Jangan malu untu mulai dengan mmabaca karangan-karangan kecil, karena untuk pemula tentu akan susah jika harus membaca koran, majalan atau karya ilmiah. Intinya jangan malu ya. Dengan melakukan hal ini, akan membuat kamu semakin terlatih dan gemar melakukannya, karena ringan dan lumayan mudah. Keigatan inipun bisa kamu lakukan sembari mendengarkan lagu kesukaanmu, tentunya yang memakai bahasa Inggris.

4. Nulis

Setelah mahir dalam listening dan reading, maka selanjutnya adalah writing. Ya, writing adalah menulis dan tentu menjadi salah satu dasar dalam belajar bahasa Inggris. Pasalnya, dengan menulis dalam bahasa Inggris, kamu jadi bisa melihat sejauh mana sih kemahiranmu dalam berbahasa Inggris.

Nah, ada tips nih bagi yang pengen belajar nulis pakai Bahasa Inggris. Buku dari karya L.G. Alexander mengajari tahapannya, yakni : mulai dari baca cerita Bahasa Inggris, buka kamus, baca lagi dan fahami, jawab pertanyaan tertulis tanpa lihat bacaan lalu ceritakan kembali dengan Bahasa Inggris.

Ok, tinggal praktik yuk.

5. Ngomong

Nah, ini nih tahapant erakhir yang sering orang merasa malu karena pengucapannya merasa belum lancar. Masih terbata-bata. Namun tahu tidak kalau semua orang juga pernah mengalamin hal tersebut ya. Jika sudah terlatih dan terbiasa nanti tidak akan sungkan lagi. Bicara bicara dan bicara terus deh, jangan berhenti moncoba.

Sering moncoba nanti akan adakalanya gagal hingga akhirnya sukses dan berhasil, namun jika berhenti mencoba, sudah pasti gagal, pilih mana ?

6. Percaya Diri

Yang terakhir, selain dasar itu tadi adalah percaya diri. Yakin bahwasanya jika kamu melakukan semuanya itu, masa bodoh aja dengan yang ada disekitarmu, toh yang akan berkembang kan kamu, bukan orang lain. Kalau kita hiraukan orang lain maka kita akan berhenti berusaha, karena hal yang paling besar yang sering muncul pada diri sendiri adalah perasaan kurang percaya diri dan kurang yakin kalau akan benar-benar sukses meraih harapan yang selama ini diraihnya, yakni bisa mahir dan lancar berbahasa Inggris.

Sekian, semoga bermanfaat ya.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel