3 Amalan Ringan di Bulan Suci Ramadhan

menyambut bulan suci ramadhan

Ramadan adalah bulan yang paling mulia dari 12 bulan selama 1 tahun. sangat disayangkan jika kita tidak mampu memanfaatkan bulan yang penuh mulia ini dengan amal-amal yang sama sekali tidak bermanfaat. Bulan suci Ramadan sebaiknya kita isi dengan berbagai amal perbuatan yang bermanfaat seperti membaca al-quran, bersedekah, salat sunnah, 30 masjid dan berbagai amal perbuatan lain yang yang bermanfaat.

Di bulan suci Ramadan kebanyakan orang yang banyak-banyak membaca Alquran mereka semangat sekali menghatamkan Alquran paling tidak selama satu bulan ini dapat khatam Alquran di bulan suci Ramadan sebanyak 1 kali dilakukan pagi setelah salat subuh siang setelah salat zuhur ataupun malam setelah salat isya atau salat tarawih.

Meskipun banyak perbedaan jumlah dalam melakukan salat tarawih itu bukanlah sebuah permasalahan yang harus dipenuhi bagi seorang muslim akan tetapi dengan adanya perbedaan rokaat yang dijalankan oleh setiap muslim meski berbeda-beda ini merupakan Rohmat. yang salah itu adalah mereka yang memperbincangkan akan tetapi nggak pernah melakukan salat tarawih. Sayang sekali jika di bulan Ramadan seperti ini amal-amal sunnah yang bertebaran di mana-mana disia-siakan seperti halnya juga saat kita memberikan kecil atau menu berbuka kepada mereka yang sedang membutuhkan.

Jangan samakan besarnya pahala di bulan suci romadhon dengan bulan-bulan yang lain bahkan nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam sebelum datangnya bulan suci Ramadan menyiapkan diri agar di bulan-bulan sebelumnya beliau memang benar-benar sudah siap menyambut datangnya bulan suci Ramadan. yakni dengan cara memuliakan bulan-bulan seperti bulan Rajab dan sya'ban. Beliau memperbanyak puasa di bulan bulan tersebut.

Kita selaku umatnya ini sekarang sudah sangat enak sekali di zaman nya tanpa ada peperangan dan badai biru permasalahan yang begitu besar sangat disayangkan jika kita lupa memuliakan bulan suci Ramadan, bahkan menghadapi bulan suci Ramadan dengan anggapan yang biasa-biasa saja.

berikut hal-hal yang bisa kita lakukan agar menuai pahala yang besar di bulan suci Ramadan :

1. Tadarrus Al-Qur'an

Di bulan suci Ramadan tadarus AlQuran ini dilakukan karena di bulan suci Ramadan ini tepatnya pada tanggal 17 Alquran telah diturunkan oleh Allah subhanahu wa Ta'Ala kepada nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Peringatan turunnya Alquran ini di di sebut dengan peringatan Nuzulul Quran. Alquran yang nantinya akan memberikan syafaat kepada kita selayaknya kita juga memuliakan al-quran dengan sering-sering membacanya dan juga tadabur akan isi kandungan Al qur'anul Karim. Sebisa mungkin dalam kurun waktu 1 bulan minimal khatam al-quran sebanyak 1 kali.

2. Bersedekah

Salah satu hikmah kenapa kita dianjurkan berpuasa adalah agar kita juga dapat merasakan laparnya kosongnya perut daripada orang-orang yang ada dari sebagian mereka sehari tidak makan. Kita selaku umat yang memiliki kelebihan makanan akhirnya dapat ikut ambil merasakan bagaimana perihnya perut ketika dalam keadaan lapar. Dengan demikian kita akan memiliki perasaan yang sama belas kasih sayang kepada mereka yang kesehariannya ada kekurangan dalam mencukupi kebutuhan makan mereka baik untuk diri sendiri maupun keluarganya. mari sama-sama di bulan suci Ramadan ini kita memperbanyak bersedekah baik kepada mereka yang membutuhkan atau kepada saudara-saudara kita sanak kerabat kita ataupun tetangga kita dengan saling berbagi kebahagiaan di bulan yang penuh berkah ini.

3. Tolabul Ilmi

Mencari ilmu adalah hal yang wajib bagi siapapun Allah memerintahkan kepada kita agar mencari ilmu mulai dari buayan hingga sampai ke liang lahat. di bulan suci Ramadan banyak sekali majelis ilmu yang dibagikan kepada kita baik melalui YouTube melalui zoom dan berbagai media sosial lainnya nya yang bernuansa islami. Bagi kalian yang yang kurang begitu berminat dengan media sosial bisa saja dengan membaca buku atau mutholaah berbagai macam kitab yang menarik untuk kalian baca. Jangan lupa untuk menuliskan nya dan berbagi kepada mereka yang membutuhkan ilmu yang kita sedekahkan kepada orang lain juga dapat bernilai sebagai ibadah.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel