Cara Mengukur Diri dalam Membuat Skripsi


CARA MENGUKUR DIRI DALAM MEMBUAT SKRIPSI

Apa kamu bernah bertanya seberapa besar atau apa yang ada dalam diri kamu terkait dengan potensi yang kamu miliki ?. atau bahkan kamu tak pernah tahu seberapa besar potensi dan bagaimana kemampuan yang kamu miliki ?

Kalau mau menjadi pribadi yang sukses, terutama kamu mampu mengerjakan skripsi dengan baik dan dalam tempo yang singkat dan berbeda tentunya. Skripsi kamu harus dihadapi dengan sangat jeli dan dengan cara dan strategi yang unik pula

Kata Bruce Barton : “tak ada yang istimewa yang pernah diraih, kecuali bagi mereka yang nekad mempercayai kalau ada sesuatu dalam dirinya yang lebih unggul dibandngkan dengan keadaan.”
Dari pernyataan ini jelas sekali kalau setiap orang memiliki kelebihan dan kekuarangan masing-masing, baik itu dalam hal pegnetahuan, keterampilan, maupun sikap.

Skripsi adalah hasil asli sebuah pemikiran mahasiswa berdasarkan riset ilmiah yang akhirnya dijadikan sebuah karya ilmiah yang bermanfaat bagi dunia akademis. Kesulitan skripsi secara garis besar ada dua faktor;

Pertama, karena faktor eksternal seperti kondisi dosen pembimbing yang sulit ditemui dan ini bisa diatasi dengan jangan sampai malas dan menyerah serta harus piawai beradaptasi dengan dosennya. Serta tanya kepada mereka yangtelah berpengalaman dengan dosesn pembimbing tersebut.

Kedua, karena faktor internal seperti malas. Malas menjadi masalah yang sangat besar bagi mahasiswa. Karena apa daya jika dosennya rajin namun mahasiswanya malah sebaliknya. Kalau sudah seperti ini maka haruslah ingat dan memotivasi diri sendiri demi masa depan untuk segera selesai.

Intinya KERJA KERAS dan KERJA CERDAS

Baiklah, berikut adalah cara-cara bagaimana agar kamu dapat mengukur kemampuan dirimu untuk memaksimalkan dalam menyelesaikan skripsi :

Kenali aktivitas yang paling kamu sukai

Jika kamu melakukan aktivitas yang sangat kamu sukai tentu hasilnya akan lebih maksimal bukan. Silahkan, dari jurusan yang telah kamu pilih sekranga, coba untuk lebih mengkerucutkannya kembali tentang bagian manakah yang lebih kamu sukai dari berbagai pembahasan yang telah kamu lalui.

Bertanya kepada orang lain

Pengalaman sangatlah berharga, bertanyalah kepada orang lain. Bisanya mereka lebih tahu skripsi yang cocok buat kamu. Bagiaman tidak, teman adalah yang selalu menyertaimu. Jikalau mereka menyarankan dan kemudian kamu tidak cocok ya jangan dilakukan. Tntunya dengan mengacu pada hal yang kamu sukai saja itu sudah cukup.

Mengenali aktivitas yang paling cepat kamu pelajari

Ada hal yang mudah dan ada yang sulit. Begitu juga dengan skripsi. Coba kamu baca-baca kembali bab-bab yang telah kamu pelajari. Atau jika memang kamu sama sekali jarang membaca, coblah untuk sesekali membaca sebentar jika tidak kuat-lama-lama. Yang terpenting akan memunculkan inspirasi buat kamu itu sudah cukup.

Mengenali kecerdasan berganda

Kamu coba searching tentang delapan kecerdasan yang telah didengung-denggungkan oleh Profesor Howard Gardner, mulai dari kecerdasan linguistik, visual-spasial, intrapersonal, logic-matematik, bodi-kinestetik, musikal dan naturalis. Dari situlah kamu bisa mengenali potensi kamu yang sesungguhnya.

Dan dari situ kamu nanti dapat dengan lancar mengerjakan skripsi kamu. Pasti masing-masing orang punya jenis kecerdasan yang lebih dominan. Silahkan kamu cari sendiri untuk keterangan masing-masing jenis kecerdasan tersebut ya.

Mengenali aktivitas yang menjadi impian lama

Seperti Burt Rutan yang ketika masih berusia 14 tahun bermimpi dapat pergi ke luar angkasa dan singgah di bulan, hingga akhirnya impian tersebut dapat menjadi kenyataan dengan hadirnya pesawat super cepat yang telah ia ciptakan untuk pertama kalinya. Sebuah potensi terkadang berawal dari impian masa kecil yang menggerakkan alam bawah sadar untuk mewujudkannya.

Baiklah, teman-teman sekalian. Demikian tips yang bisa saya berikan, semoga semakin bersemangat ya dalam mengerjakan dan menyelesaikan skripsinya, jangan lupa untuk selalu berdo’a dan membaca ya. Karena berdo’a tanpa usaha yang nyata tak berbuah apa-apa.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel