3 ciri Media Pembelajaran yang Baik

3 ciri Media Pembelajaran yang Baik

Bayangkan jika anda seorang siswa di masa sekarang ?. tidak kebayang bukan. Ya, karena Anda hanya bisa bayangkan bagaimana Anda hidup di masa dahulu dan melihat anak-anak yang sekrang. Yup, media pembelajaran sanga tberperan dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Nah, media pembelajaran membantu mereka para pengajar agar dapat menyampaikan materi dengan baik dan terarah.

Coba anda mengajar dengan materi yang sama dan dengan diberikan perbedaan pada medianya saja. Yang satu anda menggunakan media, sedang yang satunya lagi tidak Anda gunakan media. Lebih semangat manakah antara anak yang pertama dan yang ke dua. Benar sekali, mereka anak-anak yang menggunakan media lebih antusias dan memiliki prestasi yang lebih bagus. Apalagi sekarang telah hadir ruangguru.com sebagai media pembelajaran yang inovatif dan berbasis multimedia.

Baik, memilih media pembelajaran tidak sembarangan. Semua tergantung dengan perencanaan yang sudah dibuat. Jika memang membutuhkan maka lebih baik digunakan. Nah, berikut beberapa ciri-ciri media pembelajaran yang baik untuk bisa digunakan kepada anak-anak

Sesuai dengan tujuan

Tujuan instruksional inilah yang penting. Tujuan ini yang sebelumnya telah direncanakan. Tujuan yang mengarah pada pengembangan kognitif, afektif dan psikomotorik. Selain mempengaruhi intelegensi siswa, media pembelajaran juga berdampak pada sikap dan akhlak siswa.

Praktis

Tidak melulu mahal, bisa memanfaatkan lingkungan dan materi-materi sekitar Anda. Justru hal yang dikenal anak yang dapat membuat media pembelajaran lebih mudah dikenali dan mengena. Misalkan jika tidak punya materi yang relevan, bisa saja mengambil media pembelajaran yang sudah ada, seperti di playstore yang bisa dimasukkan di laptop dengan aplikasi tambahan. Kalau melulu harus memakai yang versi laptop, maka akan mahal membelinya.

Jauh dari sana, banyak sekali aplikasi playstore yang dapat diunduh dengan gratis maupun yang pro dengan harga terjangkau. Yah, manfaatkan yang ada dan praktis.

Bisa Dikuasai Guru

Wah, ini nih yang menjadi kendala besar jika gurunya gaptek, tapi saya menganggap guru di era sekarang nggak ada lah kata gaptek yang muncul. Tak pantas deh pokoknya. Oleh karena itu, semua media harus bisa dikuasai

Baiklah, kiranya tiga hal itu saja yang harus diketahuai oleh seorang pengajar agar bisa menerapkan media pembelajaran dengan baik. Media pembelajaran hanyalah sebuah alat, semuanya tergantung dengan performa dari pengajar itu sendiri. Jika dia mampu menguasai media pembelajaran dengan baik, serta performa yang baik pula. Tentu akan menjadi sebuah nilai lebih dari seorang guru yang telah menjadi tenaga yang profesional tentunya dalam memilih media pembelajaran yang baik pula.

Semoga bermanfaat ya artikel tentang media pembelajaran kali ini. Semoga dapat membatu pada tenaga pendidik yang baru memulai karir di dunia pendidikan. Sukses selalu ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel