Kendala dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika


Kendala dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika



Kesulitan dalam belajar merupakan hal yang biasa. Namun kesulitan tersebut bukan karena hanya karena faktor kejeniusan saja, bisa saja karena belum ditemukannya cara belajar anak. Kalau guru belum bisa, diri kita sendiri harus mampu mengenali kendala dalam belajar matematika tersebut. Jangan malah menyalahkan guru selaku pendidik, mengingat banyak sekali macam anak yang sedang diajar oleh guru kamu.

Kendala tersebut dari diri sendiri dan itu harus diri sendiri yang mampu menyelesaikan kendala tersebut dalam belajar matematika. Diri sendiri dapat pula karena motivasi, merasa tidak nyaman dan merasa kesulitan. Padahal semua ada solusinya. Jika merasa kesulitan ya harus belajar. Bisa belajar dengan teman sebaya atau mengadakan les tambahan setelah sekolah. Jadi, dapat dikatakan kendala itu ada pada diri sendiri.

Adapun solusi agar matematika itu menjadi mudah adalah sebagai berikut :

Gunakanlah Gambar

Dengan adanya visualisasi bisa sedikit banyak mengurangi beban dalam belajar, karena semua terlihat angka, setelah ditambahkan dengan gambar maka akan dapat mudah mengingatnya. Coba saja. Saat kamu belajar tentang matematika seperti bangun ruang dia dibentuk dengan bentuk ada limas, persegi panjang dan lainnya. Sama juga dengan adanya tangga centimeter, kilometer dan milimeter. Ini bentuk cara mempermudah konsep belajar matematika agar tidak terasa berat dan menjadi tidak kesulitan. Jadi, coba saja visualisasikan ddalam bentuk gambar.

Menuangkan dalam Konsep Sehari-hari

Matematika dibuat agar kamu bisa dengan mudah menyelesaikan setiap permasalahan. Baik dari yang termudah hingga sampai yang tersulit. Kadang berfikir untuk apa mempelajari matematika yang rumit seperti ini. Toh setiap hari tidak kita dapati. Eh, jangan salah ini untuk melatik kemampuan berfikir secara runtut sistematis dan benar. Cobalah untuk menuangkan konsep yang sederhana yang terlihat sulit pada matematika ke dalam kehidupan sehari-hari. Konsep dasar saja, untuk konsep tindak lanjut sebagai bentuk pengembangan saja.

Misalnya tentang perhitungan Kg, L dan lainnya. Ambillah alat peraga yang sering ditemukan pada alat-alat perbelanjaan. Ini akan dapat mempermudah dari yang sulit.

Hafalkan Perkalian dan Pembagian

Dengan hafal perkalian dan penambahan kamu akan semakin dipermudah dan merasa percaya diri. Paling tidak perkalian 1 – 100. Banyak konsep pada matematika yang tidak mungkin dan bahkan pasti menerapkan konsep perkalian yang digunakan dalam perhitungan. Ini menyebabkan kamu harus menghafalnya agar tidak membuang-buang banyak waktu dalam belajar. Jadi, saat kamu menghitung dan berfikir akan semakin mudah.

Karena intinya itu dalam matematika yang pertama adalah memahami konsep, menerapkan rumus disertai perkalian yang benar. Jika kamu faham maka akan dengan mudah kamu dapat menyenangkan saat belajar matematika.

Selamat mencoba ya, semoga kamu bisa megatasi kesulitan dalam belajar yang ada pada matematika ya. Selamat mencoba. Sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel