4 Cara Bangun Karir Saat Lulus Kuliah agar Sukses


4 Cara Bangun Karir Saat Lulus Kuliah agar Sukses

Lulus kuliah memang sangat menggembirakan. Serasa usai setelah sekian lama berjuang dalam dunia perkuliahan dan kini telah menuai hasi dari proses perkuliahan. Namun kini dari semua itu untuk mengasah kemampuan dan kompetensi perkuiahan, masuklah dalam dunia kerja sebagai wujud keterampilan yang dimiliki.


Dunia kerja menjadi tempat dimana seseorang akan mulai kehidupan baru dengan penuh persaingan. Harus benar-benar mandiri. Saat kuliah mungkin ada yang dari kuliah manajemen, perekonomian, kedoketeran bahkan ada yang kuliah online. Semua itu tidak lepas dari sistem pembelajaran dan proses yang lama. 

Ada yang sehabis kuliah, ingin bisa diterima di perusahaan besar dan terkenal. Namun jangan minder jika tidak dapat menempati posisi tersebut. Percaya saja dengan kemampuan manajemen, ekonomi, dan lainnya dapat kamu gunakan untuk menggapai kesuksesan dan berkarir di masa mendatang,
Berikut adalah cara membangun karir saat setelah lulus kuiah :


1. Capaian selama perkuliahan

Kamu pasti pernah mengikuti berbagi kegiatan di kampus dan bahkan pernah meraih berabgai prestasi yang mungkin bisa kamu gunakan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat meniti karir kamu setelah kuliah, baik bekerja dengan orang lain secara online atau bekerja sendiri dengan modal dan biaya pas pasan. Yang jelas capaian prestasi dan sertifikat yang kamu miliki menunjukkan konpetensi yang pernah kamu raih selama kuliah dan dapat dijadikan patokan untuk meniti karir.

2. Analisis kelebihan diri sendiri

Kalau kuliah, proses berfiikir semakin panjang dan analisisnya semakin tajam. Oleh karena itu, kamu perlu lebih dapat menganalis atas kelebihan yang kamu miliki agar saat kamu meniti karir setelah kuliah, kamu dapat menjalankan segala pekerjaan itu dengan senang hati dan tanpa berat dalam mengerjakannya serta kamu dapat bekerja dengan maksimal.

3. Buat Target untuk Masa Depan

Ini sangat perlu sekali, baik online maupun offline. Kamu harus menentukan target apa yang akan kamu capai di tahun ini. Kuliah tidaklah mudah dan butuh proses yang lama. Aplikasikanlakh ilmu kamu dalam bentuk kegiatan yang mampun dalam membangun aset di masa mendatang. Buatlah target-target kecil yang kamu tuliskan hingga dapat menjadi rujukan kamu dalam bertindak di setiap keputusan yang akan kamu ambil.

4. Kuasai Satu Skill Atau Kemampuan Tertentu

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat manusia terasa semakin terbelakang bagi mereka yang baru saja memasuki dunia kerja. Ini tentu akan menjadi masalah jika manusia tidak membekali diri mereka dengan skill yang memadahi dan dibutuhkan oleh orang banyak. Bukan skill yang biasa-biasa saja.

Peran mesin dalam perusahaan kini semakin pesat kemajuannya hingga dapat menggantikan manusia. Selain terukur juga biaya semakin murah. Tentu ini masalah besar, karena akan semakin menambah jumlah pengangguran. Nah, tugas kamu adalah menciptakan lapangan pekerjaan yang mampu menampung banyak orang dan yang hanya bisa dilakukan oleh manusia agar manusia semakin berkembang.

Jadi, jangan khawatir jika kamu tamatan kuliah. Tamatan kuliah jangan menganggur, bangun diri sendiri dan mental yang kuat. Tidak peduli kuliah dari manajemen, pernah kuliah online atau kuliah apa saja. Semua itu memang kadang tidak langsung menghasilkan uang. Namun kamu saat di dunia perkuliahan dilatih untuk hidup mandiri dan berfikir lebih kritis dan anlisis mendalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel