Sebab Anak Jadi Si Penakut


Penyebab Anak Menjadi Penakut

Kamu perlu tahu mengapa anak menjadi penakut. Kalau mereka takut biasanya menutup mata dengan cepat, menghindar atau bahkan dapat berteriak. Hingga ada yang menangis. Ini sangat ironis. Tentu saja ada penyebab yang membuat mereka sangat takut.

Jika sekolah menjadi tempat yang menakutkan bagi mereka. Tentu ini menjadi masalah besar bagi orangtua. Karena sekolah tempat mereka mencari ilmu dan mendapatkan pengalaman yang baik dan banyak. Sekolah harus mampu menjadi rumah kedua mereka setelah rumah atau keluarga.

Jika dibiarkan berlarut-larut akan berakibat pada mental mereka dikemudian hari. Ini karena sikap ketakutan yang berlebihan. Mungkin saja karena mereka sering dijahili temannya atau pelajaran yang sulit namun anak tidak mampu mengungkapkannya karena mereka takut. Oleh karena itu kita selaku guru atau orangtua harus mampu untuk menyingkirkan penghalang tersebut dari anak.

Berikut hal-hal yang menyebabkan mereka takut :

Trauma

Anak mungkin saja trauma dengan hal yang pernah dialami sebelumnya. Misal saja saat dijahili temannya hingga berakibat dia menangis lantas pulang tanpa sepengetahuan guru. Ini dapat menyebabkan dia trauma, karena pengalaman yang tidak baik tersebut di sekolah. Sebaiknya kita membimbingnya dan memberikan arahan kepada teman-temannya untuk tidak melakukan hal yang buruk tersebut dan memberikan anak kita rasa aman setelahnya agar tidak takut lagi.

Kebiasaan ditakut-takuti

Anak yang ditakut-takuti ini awal yang tidak baik untuk seterusnya. Misal saja di sekolah jangan seperti ini, nanti kamu bisa begini. Anak dengan pola pikir yang kita terapkan demikian akan menjadi anak yang penakut karena mereka akan berhenti mencoba. Padahal anak-anak itu mereka memiliki rasa penasaran untuk berbuat. Namun jika kita membatasinya untuk berbuat lama kelamaaan mereka akan ketakutan untuk berbuat sesuatu.

Baiklah, demikian hal-hal yang menyebabkan anak menjadi penakut di sekolah. Hal-hal tersebut sebaiknya dihindari dan ditanamkan pada diri anak untuk menjadi pribadi yang pemberani dan mampu menghadapi segala masalah mereka di sekolah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel