Tips Biar Ngantuk Hilang ketika Belajar

Oleh : Halimah (Kelas X MA)
Tips Biar Ngantuk Hilang ketika Belajar
Terkadang seorang siswa, ketika sedang belajar tidak bisa menahan rasa ngantuk. Seringnya memang terlihat anak sedang  mengantuk. Apa itu ngantuk ?. ngatuk adalah disaat seseorang merasa lelah, pada saat itulah timbul rasa ngantuk. Pada saat itu fikiran sudah tidak konsentrasi lagi hingga kesadaran hilang ketika belajar. Pada akhirnya ketika anak ngantuk, pelajaran tidak dapat masuk ke dalam otak atau pikiran ketika belajar. Siswa pun tidak mengerti apa yang sudah dijelaskan oleh guru. Wajar, kan ngatuk kesadarannya telah hilang.

Berdasarkan pengalaman saya, biar hilang rasa ngantuk ketika belajar, berikut saya bagi tips-tipsnya.

Tips biar ngantuk kamu hilang ketika sedang belajar

1. Mengurangi begadang sampai larut malam

Jika kita begadang sampai larut malam, tubuh kita akan terasa lemas. Itu sangat tidak sehat bagi tubuh kita. Apalagi di kelas saat belajar. Nongkrong di pinggir jalan, ke luar rumah malam-malam. Pada malam hari, tumbuh-tumbuhan menyerap oksigen yang ada di sekitarnya, termasuk oksigen yang ada pada tubuh kita. Hal inilah yang menyebabkan tubuh kita lemas, lelah dan akhirnya mengantuk saat paginya sewaktu belajar.

Rasa mengantuk pun tidak dapat teratasi jika tubuh kita di pagi hari ternyata telah kehilangan banyak oksigen. Kalau memang sudah terlanjur, bawalah air minum untuk mencegah rasa ngantuk, atau sering-sering wudhu untuk menyegarkan muka kamu.

2. Duduk tegap saat guru sedang menjelaskan atau belajar

Dengan duduk tegap urat syaraf yang ada di kepala, leher tidak tertarik oleh kepala. Lain halnya jika kamu menunduk. Itu yang menyebabkan kamu akhirnya mengantuk dan tidak fokus dalam belajar, karena daya konsentrasi kamu berkurang.

Oleh sebab itu saat sekolah dan jam belajar sebaiknya kamu duduk dengan tegap, faktor tempat duduk yang dapat membuatmu sungkan utuk menunduk adalah jika kamu menempati bangku paling depan. Sehigga kamu dapat fokus atas apa yang dijelaskan oleh guru kamu.

3. Kurangi makanan yang terlalu berlebihan

Makanan yang terllau berlebihan tidak baik untuk kesehatan kita. Makan-makanan yang berminyak apalagi, kalau dikonsumsi dipagi hari akan menyebabkan ngantuk, makan-makanan yang manis juga. Namun saat pagi hari baiknya pilihlah makanan yang mengandung protein tinggi dan manis yang alami untuk menjaga stamina dan daya fikir konsesntrasi saat belajar di sekolah.

Masa, kecil-kecil kena diabetes, kolesterol dan penyakit lainnya. Ingat ya, makan terlalu banyak juga dapat menyebabkan kantuk lho. Pemilihan makanan dipagi hari sebaiknya kamu perhatikan agar tidak terjadi ngantuk sebab berlebihan.

Makan-makanan berlebihan akan membuat kekenyangan yang berkaibat pada ngantuk.
Pesan aku, janganlah makan yang berlebihan, ingatlah dengan orang-orang di luar sana, masih ada, bahkan banyak yang membutuhkan makanan untuk sekedar dapat mempertahankan hidup.

Itulah Tips dari saya Biar Ngantuk Hilang ketika Belajar, dengan cara mencegah sebelumnya.
Lawanlah rasa kantuk kamu, saat kamu sedang belajar di sekolah fokuslah dengan apa yang diajarkan oleh bapak dan ibu guru. Dengan memperhatikan benar-benar serta menjalankan apa yang telah diajarkan serta perintahkan para guru insyaallah kita akan menjadi orang yang sukses dunia dan akhirat. Amin.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel