5 Cara Mengajar Anak Membaca dengan Baik dan Menyenangkan

5 Cara Mengajar Anak Membaca dengan Baik dan Menyenangkan



Cara mengajari anak membaca dengan baik adalah hal yang perlu diperhatikan bagi orang tua. Jika mereka mampu membaca dengan baik, tentu orang tua akan merasa sangat senang karena membaca adalah awal mula pemicu anak suka belajar dikemudian hari. Oleh karena itu, orang tua tidak boleh hanya mengandalkan sekolah sebagai media anak untuk belajar membaca sebagai satu-satunya tempat mereka belajar.

Lalu, bagaimanakah agar anak dapat membaca dengan baik dan kita mampu mengajarinya dengan cara yang menyenangkan. Di usia mereka yang menginjak 5 tahun atau lebih harus mendapat perhatian agar mereka mampu belajar membaca dengan lancar. Orang tua harus sabar, tidak perlu tergesa-gesa, cepat dan marah-marah, karena itu hanya mengurangi minat anak untuk belajar membaca karena mereka bisajadi tekut untuk belajar.

Membaca dan menulis adalah hal yang tidak dapat dipisahkan, sekiranya menulis itu perwujudan dari hasil baca anak. Lalu, agar anak bisa sangat menyenangkan dalam proses menikmati belajar membaca, kiranya penulis menawarkan hal berikut :

1. Cara mengajar dengan sambil melantunkan lagu

Anak akan senang sekali jika Anda mengajarnya dengan cara bernyanyi, Anda bisa memilih lgu-lagu yang mendidik dan semangat agar saat anak belajar mereka merasa lebih fress dibandingkan hanya belajar dengan membaca dan menulis biasa. Misalkan saja Anda bisa mencari lagu anak-anak di youtube, mulai yang mengajarkan membaca hingga menulis. Cobsa saja sendiri, anda akan menjumpai anak akan lebih cepat merespon dan ingat jika cara anda mengajar dengan menggunakan lagu.

2. Menggunakan Flash Card

Anda bisa meminimalisir pemborosan pemeblian flashcard dengan mencoba untuk membuatnya sendiri. Cara anda dalam mengajar yang penting tujuan dari pembelajaran tersebut tercapai. Memberli flashcard memang lumayan. 

Ada yang kisaran harga 40.000 hingga 100.000, saran saya anda buatlah sendiri dengan memanfaatkan berbagai gambar yang ada di internet agar anak suka. Gambar-gamabr apa yang anak suka, lalu anda tinggal pilih untuk proses pemebelajaran mereka baik dalam menulis hingga membaca. Semoga cara ini dapat berhasil dan tentunya mudah sekali.

3. Membaca Sambil Bercerita

Anak-anak sangat suka sekali dengan cerita. Saran saya anda cobalah buatlah sendiri cerita yang menarik untuk anak-anak. Karena itu akan memberikan respon penyegaran bagi pemikiran mereka. Mereka yang berusia 3 tahun hingga 5 tahun sangatlah produktif. Oleh akrena itu anda tidak boleh mengatakan jangan atau tidak, namun bilanglah begini yang benar atau sebaiknya demikian. Kalimat itu lebih positif bagi anak. Dengan cerita respon anak akan lebih cepat. 

Jika anda perintah merkeka untuk menulis dan membaca pun pasti perintah tersebut akan segera mereka laksanakan. Silahkan berikan setimulus sehingga mereka merespon dengan senang hati atas perintah atau pertanyaan anda saat bercerita.

4. Jangan terlalu Memaksa Anak

Munculkanlah motivasi anak dalam belajar dengan senang hati. Timbulkanlah rasa nyaman dan persahabatan dan keorang tua an. Dengan demikian mereka tidak merasa dipaksa. Biarkan mereka belajar dengan caranya sendiri atas perintah yang anda berikan. Nanti anda akan tahu siapa diantara anak-anak tersebut yang membutuhkan perhatian khusus hingga sebatas pengarahan saja.

Jika anda memaksa mereka, mereka bisa ja menangis dan takut dengan anda selaku gurunya. Jadi, pintar-pintarlah anda mengajar anak anda dalam membaca dan menulis.

5. Memberi Pujian Saat mampu Membaca dengan Baik

Anak suka bersaing, pujian sangatlah penting untuk memotivasi mereka agar lebih semagnat lagi adalam belajar. Saat mereka membaca buku bacaan teruatam al-quran sebagai pedoman hidup mereka. Al-quran harus selalu ditanamkan nilai-nilainya kepada mereka. Jangan sampai al-quran mereka tinggalkan.

Ajarkan mereka menghargai dengan baik hasil kerja keras mereka dengan saling memotivasi. Berilah mereka pujian dan motivasi untuk selalu meningkatkan prestasi mereka dengan baik agar merkea lebih rajin lagi dalam membaca dan menulis. Selain itu kecepatan dalam membaca sangat menentukan sekali atas prestasi mereka. Semakin banyak yang mereka baca, maka banyak pula pengalaman dan semakin terbiasa dengan baik.


Demikianlah tips-tips bagaimana cara mengajar anak anda baik di sekolah ataupun di rumah. Sebagai seorang guru tentu akan sangat repot dan perlu kerja keras dalam mengajari anak-anak dalam membaca dan menulis. Selamat mencoba ya. Semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel