Beberapa Tips Mudah Meningkatkan Minat Membaca

Membaca adalah hal terpenting dalam pendidikan, namun minat baca anak Indonesia terbilang rendah dibanding dengan negara lain. Oleh karena itu, dibutuhkan tips khusus untuk meningkatkan minat membaca. Apalagi saat ini sudah banyak teknologi yang mengikis pola fikir anak, terutama beberapa permainan online.

Beberapa Tips Mudah Meningkatkan Minat Membaca

Minat membaca yang cenderung rendah membuat sebagian peserta didik mengalami penuruan dalam ilmu pengetahuan. Bagaimana cara untuk meningkatkan minat tersebut? Simak ulasan di bawah ini:

Buku yang Tepat

Jangan mamaksakan buku bacaan kepada peserta didik, namun pahami terlebih daluhu karakter yang dimiliki. Rendahnya minat baca dikarenakan siswa tidak menyukai tema dari isi konten yang diberikan. Pertama-tama berikan beberapa buku kesukaan mereka, bahkan jika berbentuk komik sekalipun.

Setelah selesai membaca, perlahan-lahan berikan beberapa buku yang lainnya. Dengan begitu, mereka tidak akan terbebani dan lambat laun minat baca tumbuh seiring semakin banyaknya buku bacaan. Lakukan hal semacam ini setiap hari dan lakukan di waktu yang tepat.

Cara Membaca

Setiap anak memiliki cara membaca yang berbeda-beda. Adakalanya mereka lebih menyukai membaca dengan berkelompok, menyediri, sambil mendengarkan musik atau dalam kesunyian sekalipun. Jangan memaksakan cara yang tidak disukai mereka.

Cara membaca juga harus memperhatikan tingkatan peserta didik. Misalnya saja, cara membaca anak usia SD, SMP dan SMA tentu berbeda. Semakin besar usia anak, semakin sulit pula untuk diarahkan, karena mulai memiliki cara sendiri-sendiri.

Ciptakan Suasana

Suasana nyaman dibutuhkan terutama untuk mereka yang baru memulai membaca. Lakukan langkah mudah di sekitarnya seperti, kursi empuk, pencahayaan cukup terang dan beberapa buku dengan aneka tema (konten).

Jika hal semacam itu tidak memungkinkan, seorang guru bisa melakukan alternatif berikutnya, yakni mengajak peserta didik mengunjungi perpustakaan sekolah. Berikan beberapa tugas agar peserta didik bisa mulai membaca. Seperti, membuat makalah, kliping, cerpen dan masih banyak lagi.

Sharing

Setiap guru dituntut untuk menjadi penyambung berbagai karakter peserta didiknya. Oleh karena itu, berikan kesempatan mereka untuk mengutarakan apa yang didapat setelah membaca buku pilihan. Dalam melakukan sharing, berikan metode menarik agar tidak terbebani, seperti membuat rangkuman.

Setelah itu, panggil satu persatu untuk maju mengutarakan review dari hasil membacanya. Jangan lupa untuk memberi pujian setelah melakukan tugas itu. Dan berikan masukan positif yang tidak menyinggung agar lebih termotivasi lagi.

Mengadakan Field Trip

Hal ini di lakukan untuk menghindari rasa bosan, ajaklah peserta didik ke tempat terbaik yang menyediakan banyak bacaan. Dengan begitu, mereka akan merasakan suasana berbeda namun kental dengan ilmu. Kegiatan semacam ini bisa dilakukan sebulan sekali.

Dalam meningkatkan minat membaca pasti tidak akan berefek secara langung. Karena setiap peserta didik membutuhkan beberapa penyesuaian agar terbiasa dengan pola fikir semacam itu. Perubahan yang didapat juga tergantung pribadi masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel