4 Cara Membangun Suasana Kelas yang Interaktif dan Komunikatif

Suasanya kelas yang interaktif dan juga komunikatif memang menjadi idaman semua pendidik. Suasana kelas yang seperti itu, akan terasa lebih hidup dan juga aktif. Tidak hanya itu saja, anak anak pun bisa mengemukakan pendepat mereka di kelas, tidak ada kesan yang membosankan atau malu yang ada di raut wajah anak anak didik tersebut.

Anak anak sangat terlihat antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir pelajaran. Bahkan, anak anak pun tidak merasa digurui karena mereka sangat senang di ajak ngobrol dengan gurunya. Agar tercipta suasanya yang seperti ini, bisa kita mulai dengan diri kita sendiri sebagai pendidik.

Karena, walau bagaimanapun kita adalah pemimpin yang ada di dalam kelas, dan juga kita yang menentukan apakah suasana kelas bisa menyenangkan atau tidak, menarik atau tidak. Maka dari itu, kalian bisa ciptakan suasana kelas yang interaktif dan juga komunikatif.

Lalu, bagaimana cara membuat suasana kelas yang interaktif dan juga komunikatif ?

Cara Membuat Suasana Kelas yang Interkatif dan Komunikatif

Ada beberapa cara yang bisa teman teman lakukan agar suasana kelas terasa lebih interaktif dan juga komunikatif, untuk lebih jelasnya bisa baca ulasan di bawah ini :

1. Menggunakan Gaya Bicara yang Tidak Monoton

Anak anak akan merasa bosa jika kita menggunakan bahasa yang monoton atau itu itu saja. Dengan menggunakan suara yang bertenaga dan juga tegas bisa menarik perhatian pada anak. Namun, ada kalanya juga anak anak mendengarkan suara kita yang pelan, lalu kembali mendengarkan suara kita yang agak tegas.

2. Basa Basi Pada Anak

Melakukan basa basi pada anak itu sangatlah berarti, mungkin bagi orang yang sudah dewasa itu sudahlah tidak penting lagi. Namun, bagi anak anak adalah suatu hal yang luar biasa, dengan basa basi pada anak, maka anak tersebut akan merasa di perhatikan dan biasanya dari situlah akan tumbuh komunikasi yang baik antara guru dan juga murid atau anak didik.

3. Berkomunikasi Dengan Sopan

Kesopanan dalam berkomunikasi memang sangatlah penting. Hal ini karena, dari sikap dan bicara kita inilah yang akan di contoh oleh anak anak didik kita. Bicara dengan nada yang sombong, dengan kosa kata yang tidak baik, bukanlah sesuatu yang harus kita tunjukan kepada anak didik.

4. Berkomunikasi Dengan Bahasa Anak

Bila kita berbicara kepada anak anak, tentu kita harus menggunakan bahasa yang anak anak pahami bukan seperti bicara dengan bahasa orang dewasa. Untuk menghindari bahasa orang dewasa, kita perlu menghindari kata kata yang tidak sesuai dengan tata bahasa yang benar.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar anak anak didik kita bisa lebih aktif dan juga suasana kelas lebih interaktif. Diantaranya adalah dengan menggunakan media lagu dan juga dongeng pada anak.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan kepada teman teman pendidik, semoga cara membuat suasana kelas yang interaktif dan juga komunikatif ini bisa di praktekan saat mengajar di dalam kelas nanti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel