4 Cara Belajar yang Efektif dan Efisien

Belajar merupakan menjadi salah satu hal yang wajib untuk semua anak sekolah maupun tidak sekolah seperti mahasiswa, pekerja kantoran bahkan seorang dosen pun perlu yang namanya belajar. Misalnya saja untuk mengikuti Tes CPNS, belajar untuk memasuki perguruan tinggi, dan juga belajar untuk melamar pekerjaan.

Semua orang memang perlu belajar, tidak memandang yang masih sekolah ataupun tidak. Namun, masih banyak di antara mereka yang belum mengetahui bagaimana cara belajar yang efektif dan juga efesien agar bisa menyerap hasil belajar yang lebih efektif.

Nah, buat kalian semua yang belum tau bagaimana cara belajar yang efektif dan juga efesien disini saya akan memberikan tips kepada kalian semua agar bisa belajar dengan efektif untuk memaksimalkan hasil belajar dan juga bisa meraih impian mu. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja kita lanjut ke pembahasan ;

Cara Belajar yang Efektif Dan Efisien

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk bisa belajar yang efektif, bukan sembarang waktu dan jua tempat.  Oleh sebab itu, kalian semua perlu membaca artikel ini sampai habis agar tau tentang bagaimana cara belajar yang efektif.

1. Atur Jadwal Belajar

Cara belajar yang efektif yang pertama adalah dengan c ara mengatur jadwal belajar yang tepat. Dalam hal ini kalian harus di siplin dalam menaati jam belajar yang sudah di tentukan. Misalnya saja jam 7 malam sampai jam 8 malam dan jangan lupa untuk beristirahat sejenak untuk nantinya melanjutkan belajar.

Belajar setiap hari merupakan salah satu kunci agar hasil belajarmu menjadi maksimal bukan malah system kebut semalam. Bahkan lebih baik kalian menghabiskan waktu 30 menit untuk belajar daripada tidak sama sekali.

2. Buatlah Suasana Belajar yang Nyaman

Suasana belajar yang nyaman membuat kalian tetap focus dalam belajar. Ada beberapa orang yang terbiasa dengan suasana yang sepi dan juga tidak banyak gangguan agar bisa belajar dengan focus. Namun, ada juga orang yang belajar sambil mendengarkan music santai agar lebih cepat terserap. Tapi itu semua kembali pada dirimu sendiri, kenali dirimu dan buatlah suasana belajar yang nyaman.

3. Pahami Isi Bukan Menghafal

Ada banyak yang keliru soal hal ini, yang benar adalah pahami materinya bukan menghafal materinya. Jika kita menghafal materinya itu hanya akan efektif untuk ujian atau jangka waktu yang pendek. Namun, untuk jangka yang panjang, kalian harus memahami materi dari pelajaran yang sudah kalian baca.

4. Jangan Malu Bertanya

Jika ada beberapa pelajaran yang kamu sendiri belum paham, jangan malu untuk bertanya kepada teman, atau bahkan orang tua sendiri. Karena, kamu belajar karena kamu tidak mengerti, jadi jangan malu untuk bertanya ya. Apalagi sekarang sudah zaman modern yang mana Google sudah mengetahui semuanya.

Demikianlah cara belajar yang efektif dan juga efisien yang bisa kalian lakukan di manapun berada. Namun, kenalilah dirimu dan buatlah nyaman tempat belajarmu. Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat untuk teman teman semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel