5 Cara Mengajar Anak Membaca dengan Baik dan Menyenangkan


Cara mengajari anak membaca dengan baik adalah hal yang perlu diperhatikan bagi orang tua. Jika mereka mampu membaca dengan baik, tentu orang tua akan merasa sangat senang karena membaca adalah awal mula pemicu anak suka belajar dikemudian hari. Oleh karena itu, orang tua tidak boleh hanya mengandalkan sekolah sebagai media anak untuk belajar membaca sebagai satu-satunya tempat mereka belajar.

Lalu, bagaimanakah agar anak dapat membaca dengan baik dan kita mampu mengajarinya dengan cara yang menyenangkan. Di usia mereka yang menginjak 5 tahun atau lebih harus mendapat perhatian agar mereka mampu belajar membaca dengan lancar. Orang tua harus sabar, tidak perlu tergesa-gesa, cepat dan marah-marah, karena itu hanya mengurangi minat anak untuk belajar membaca karena mereka bisajadi tekut untuk belajar.

Cara Mengajar Anak Membaca dengan Baik dan Menyenangkan









Membaca dan menulis adalah hal yang tidak dapat dipisahkan, sekiranya menulis itu perwujudan dari hasil baca anak. Lalu, agar anak bisa sangat menyenangkan dalam proses menikmati belajar membaca, kiranya penulis menawarkan hal berikut :

1. Cara mengajar dengan sambil melantunkan lagu
Cara mengajar dengan cara ini tidaklah sulit, mudah untuk dilakukan dan menyenangkan bagi anak. Menyenangkan karena dengan bernyanyi dapat menghidupkan imajinasi anak. Cara ini cukup efektif untuk mengajari membaca anak agar mudah diingat.

2. Menggunakan Flash Card
Flash card adalah kartu dengan berisi visualisasi berupa benda ataupun barang. Dengan demikian, anak akan tertarik dan lebih antusias. Kalau digunakan dalam mempelajari al-quran tentu akan lebih bermanfaat, karena dengan membaca al-quran anak juga bisa melatih kefasihan lidahnya, sehingga dapat membaca dengan lancar.

3. Membaca Sambil Bercerita
Mengajar memang tidak semudah yang kita kira. Adakalanya anak merasa bosan, namun begitulah. Mungkin dengan bercerita, dapat membantu anak dalam belajar. Selain itu tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tersebut akan berkesan. Selain buku bacaan yang dipeajari sebelumnya. Jadi belajar akan menyenangkan, cobalah mengajar dengan sambil bercerita.

4. Jangan terlalu Memaksa Anak
Cara mengajar dengan memaksakan kehendak anak dirasa kurang baik. Anda bisa saja mencara cara lain dalam memberikan materi cara belajar membaca yang tepat. Seperti dengan cerita dan flash card tadi. MemaSksakan anak untuk belajar membaca hanya mengurangi minat mereka dalam belajar membaca. Namun jika anda mengerti kekurangan dan kelebihan mereka, Anda tentu akan bijak dalam mengajar, anakpun tidak akan merasa tertekan.

5.  Memberi Pujian Saat mampu Membaca dengan Baik
Saat anak benar dalam belajar karena kita mengajarkannya, sesekali untuk mengapresiasi kerja keras mereka walau sedikit dengan pujian atau hadiah, ini tentu menyenangkan juga bagi mereka di usia 4 – 5 tahun. Jika mereka salah jangan lupa mengarahkannya, jangan memarahinya. Karena diusia mereka itu arahan yang lebih mereka butuhkan daripada punishment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel